Jepang Bakal Ikut Pelatihan Patroli dengan AS di LCS

Jum'at, 16 September 2016 - 03:51 WIB
Jepang Bakal Ikut Pelatihan Patroli dengan AS di LCS
Jepang Bakal Ikut Pelatihan Patroli dengan AS di LCS
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada mengatakan Jepang akan meningkatkan kehadirannya di Laut China Selatan (LCS) yang diperebutkan melalui pelatihan patroli bersama Amerika Serikat (AS). Jepang juga akan mengikuti latihan bilateral dan multilateral dengan angkatan laut regional.

Hal itu dikatakan Inada dalam sebuah pidato di lembaga think tank Washington's Centre for Strategic and International Studies. Jepang dan AS sama-sama menyimpan kekhawatiran terhadap China yang terus bersikukuh mengklaim LCS sebagai wilayah teritorialnya. Keterlibatan Jepang di daerah akan mencakup pengembangan kapasitas bagi negara-negara pesisir.

Inada mengatakan bahwa jika dunia memaafkan upaya untuk mengubah aturan hukum dan memungkinkan aturan mengalah untuk keberhasilan, konsekuensinya bisa menjadi global.

"Dalam konteks ini, saya sangat mendukung operasi kebebasan navigasi Angkatan Laut AS yang pergi jauh untuk menegakkan tatanan maritim berbasis aturan internasional," katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/9/2016).

"Jepang, untuk sebagian, akan meningkatkan keterlibatan di LCS melalui, misalnya, mengikuti pelatihan kapal pesiar Maritime Self Defence Force bersama dengan Angkatan Laut AS dan latihan bilateral dan multilateral dengan angkatan laut regional," katanya lagi.

Jepang sebelumnya mengatakan bulan ini siap memberikan Vietnam kapal patroli baru. Ini adalah langkah terbaru untuk meningkatkan kemampuan penegakan hukum maritim negara kunci dalam baris teritorial dengan China. Jepang juga setuju untuk menyediakan dua kapal patroli besar dan meminjamkan hingga lima pesawat pengintai untuk Filipina, negara lain bertentangan dengan China atas masalah kedaulatan di LCS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6635 seconds (0.1#10.140)