Pensiunan Jenderal Iran Tewas di Suriah

Kamis, 01 September 2016 - 02:54 WIB
Pensiunan Jenderal Iran Tewas di Suriah
Pensiunan Jenderal Iran Tewas di Suriah
A A A
TEHERAN - Seorang pensiunan Jenderal Iran tewas sebagai relawan saat bertempur melawan kelompok ekstrimis di Suriah utara. Begitu bunyi laporan media Iran.

"Ahmad Gholami, yang pernah menjabat sebagai komandan senior Garda Revolusi dalam perang Irak-Iran tahun 1980-an, meninggal pada hari Selasa ketika memerangi teroris Takfiri di Aleppo, Suriah," kata kantor berita Fars, yang dekat dengan militer Iran.

Iran menggunakan istilah "Takfiri" untuk menggambarkan ekstremis. "Gholami pergi ke Irak dan Suriah secara sukarela untuk melawan ISIS," imbuh media itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (1/9/2016).

Iran adalah pendukung Presiden Bashar al-Assad. Namun, mereka menyangkal keterlibatan tentara profesional di Suriah dan bersikeras bahwa komandan dan jenderal Iran bertindak sebagai penasihat militer. Kendati demikian, mereka mengirimkan relawan baik dari Iran maupun tetangga mereka, Afghanistan.

Iran tidak memberikan data relawan mereka yang tewas dalam peperangan di Suriah dan Irak, tapi media Iran melaporkan "ratusan" penasihat militer dan sukarelawan telah tewas dalam beberapa tahun terakhir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4378 seconds (0.1#10.140)