Ini 4 Hal yang Dibahas Menlu RI dengan Ratu Belanda

Selasa, 30 Agustus 2016 - 20:35 WIB
Ini 4 Hal yang Dibahas Menlu RI dengan Ratu Belanda
Ini 4 Hal yang Dibahas Menlu RI dengan Ratu Belanda
A A A
JAKARTA - Ratu Maxima dari Belanda melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta. Ratu Maxima datang ke Indonesia sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk isu inklusi keuangan.
Retno menuturkan, Indonesia memiliki peran sangat besar di dunia internasional dalam promosi isu inklusi nasional, dan dalam pertemuan dengan Maxima, ada empat hal yang dibahas.
"Hal pertama, Indonesia memiliki beberapa hal yang sudah diterapkan dalam konteks inklusi keuangan, terutama dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi, pemerintah memiliki keberpihakan yang sangat tinggi dalam menerapkan kebijakan terkait KUR. Presiden beberapa kali mengatakan, pemerintah ingin menekan bunga yang diberikan dalam konteks KUR," ucap Retno pada Selasa (30/8).
"Kedua, kita juga memiliki kampanye My Saving Movement Campaign, sebuah kampanye untuk menabung. Dari kampanye ini, kita bicara mengenai angka. Kampanye yang mulai diluncurkan pada 2010 ini sudah menciptakan dua juta account baru dari orang-orang berpenghasilan rendah, dan angka tabungan mereka mencapai USD200 juta," sambungnya.
Hal ketiga, lanjut Retno, Indonesia sebentar lagi akan memiliki strategi nasional mengenai inklusi keuangan. Menurut Retno, Indonesia saat ini memiliki beberapa kelompok kerja, dengan dewan yang mengurusi masalah strategi nasional.
"Mudah-mudahan, dalam waktu tidak terlalu lama, strategi nasional ini akan ditandatangani oleh Presiden," ucapnya.
Sementara pembahasan keempat adalah mengenai isu terkait peningkatan program untuk inklusi keuangan. Salah satu contohnya adalah mengenai pengembangan mobile banking.
"Intinya, satu pihak terus meningkatkan keberpihakan inklusi keuangan, tapi di pihak lain, Indonesia merupakan satu contoh dari negara berkembang yang sangat mengedepankan isu ini, sekaligus berkontribusi bagi pengalaman mengenai kebijakan yang diimplementasikan dalam memajukan inklusi keuangan ini," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)