Perahu Migran Tenggelam di Lepas Pantai Libya, 3 Bocah Suriah Tewas

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 02:10 WIB
Perahu Migran Tenggelam di Lepas Pantai Libya, 3 Bocah Suriah Tewas
Perahu Migran Tenggelam di Lepas Pantai Libya, 3 Bocah Suriah Tewas
A A A
TRIPOLI - Setidaknya tiga anak-anak Suriah bersama tiga orang dewasa tewas tenggelam di lepas pantai Libya. Mereka tewas tenggelam setelah perahu kayu yang ditumpangi 27 warga Suriah terbalik saat berusaha menyebrang ke Eropa.

Kelompok kemanusiaan untuk migran, Offshore Aid Station (MOAS) mengatakan, dua mayat anak perempuan berusia 8 bulan dan 5 tahun diangkat keluar dari laut sekitar 22 mil laut dari Libya. Mayat dua perempuan dan satu laki-laki juga ditarik keluar bersama mereka. Namun, seorang bocah laki-laki berusia 5 tahun yang ikut dalam kapal tersebut tidak berhasil ditemukan.

Disitat dari Reuters, Sabtu (20/8/2016), sebuah perahu nelayan dan kapal yang dioperasikan oleh kelompok kemanusiaan lainnya yaitu Proactiva Open Arms berhasil menyelamatkan 21 penumpan lainnya. Mereka kini tengah dibawa ke kapal responder milik MOAS. MOAS sendiri mengoperasikan dua kapal penyelamat di Laut Mediterania antara Italia dan Libya.

Sorotan media kembali tertuju kepada nasib warga sipil dalam konflik Suriah pada pekan ini. Pemicunya adalah video memilukan bocah berusia lima tahun, Omran Daqneesh, yang ditarik keluar dari puing-puing setelah serangan udara di Aleppo.

Organisasi Internasional untuk Migrasi memperkirakan ribuan anak telah tewas dalam perang saudara Suriah, yang sekarang memasuki tahun kelima, dan lebih dari 3.000 migran tewas di Mediterania sepanjang tahun ini. Sedangkan menurut badan pengungsi PBB seperempat dari seluruh migran yang menggunakan perahu pada 2016, sekitar 100 ribu yang telah tiba di Italia, adalah anak-anak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4944 seconds (0.1#10.140)