Iran Persenjatai Kapal Perangnya dengan Sistem Anti Rudal Canggih

Minggu, 24 Juli 2016 - 03:37 WIB
Iran Persenjatai Kapal Perangnya dengan Sistem Anti Rudal Canggih
Iran Persenjatai Kapal Perangnya dengan Sistem Anti Rudal Canggih
A A A
TEHERAN - Komandan Angkatan Laut (AL) Iran mengatakan bahwa kapal perang milik Teheran telah dilengkapi dengan sistem radar canggih. Sistem radar ini bisa memberikan tindakan pencegahan menggunakan proyektil logam untuk mengganggu rudal anti kapal.

"Sistem rudal yang disebut Sekam itu telah dipasang di seluruh kapal perang bersenjata rudal dan kapal perusak milik negara," kata Laksamana Habibollah Sayyari seperti dikutip Xinhua dari Tasnim, Minggu (24/7/2016).

Meski begitu, Sayyari tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang versi dari sistem anti rudal Sekam itu. Sekam sendiri adalah mekanisme pertahanan yang digunakan pesawat militer atau kapal perang untuk menghindari deteksi radar.

Sekam terdiri dari serat kecil yang mencerminkan sinyal radar dan, ketika disebarkan dalam jumlah besar, membentuk awan yang mampu menyembunyikan pesawat atau kapal perang dari deteksi radar.

Ahli militer dan teknisi Iran dalam beberapa tahun terakhir terus membuat inovasi besar-besaran dalam pembuatan berbagai peralatan perang. Hal ini membuat angkatan bersenjata Iran mandiri di bidang persenjataan.

Teheran pun berulang kali menyatakan bahwa kekuatan militernya bersifat defensif dan tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara lain. Hal ini terkait dengan kekhawatiran sejumlah negara melihat perkembangan militer Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4933 seconds (0.1#10.140)