Dalam 48 Jam, Pasukan Libya Bakal Gempur ISIS di Sirte

Sabtu, 30 April 2016 - 19:09 WIB
Dalam 48 Jam, Pasukan Libya Bakal Gempur ISIS di Sirte
Dalam 48 Jam, Pasukan Libya Bakal Gempur ISIS di Sirte
A A A
TRIPOLI - Surat kabar Libya, The Times, menurunkan laporan yang menyatakan bahwa komandan pasukan Libya Khalifa Hiftar tengah mempersiapkan pasukannya untuk menyerang ISIS di Sirte. Serangan terhadap basis ISIS di Libya itu dikatakan akan dilakukan dalam waktu 48 jam mendatang.

Menurut surat kabar itu, sekitar 7.000 tentara Libya telah dikerahkan ke kota Ajdabiya dan 700 lainnya ke wilayah barat daya dari Sirte untuk menyerang ISIS. Sedangkan Jenderal Akram Bouhlaiga mengatakan, para tentara akan didukung oleh jet tempur Mig-23, seperti dikutip dari laman Sputnik, Sabtu (30/4/2016).

Meski begitu, aksi ofensif dari Hiftar membuat khawatir pemerintah persatuan Libya yang didukung PBB. Kekhawatiran timbul bahwa pasukannya tidak hanya terlibat bentrokan dengan ISIS, tetapi juga dengan pasukan yang setia kepada Jenderal Kongres Nasional yang berbasis di Tripoli.

"Kami meminta semua pasukan militer untuk menunggu (pemerintah) menunjuk komando gabungan untuk operasi di Sirte. Setiap pelanggaran perintah ini akan dianggap melawan hukum militer," kata administrasi pemerintah persatuan.

Pasca lengsernya Moammar Gaddafi pada 2011 lalu, pemerintahan Libya terpecah menjadi dua, yaitu yang berkedudukan di Tobruk dan Tripoli dan kerap terlibat bentrokan. Situasi ini dimanfaatkan oleh ISIS untuk menyerang fasilitas minyak Libya dan infrastruktur lainnya.

Pada bulan Desember 2015, kedua pemerintahan yang bertikai sepakat untuk membuat pemerintahan persatuan nasional dan mengakhiri perjuangan politik. Fayez Sarraj saat ini memimpin Pemerintah Persatuan Libya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)