Rusia: Pengiriman Tentara AS Langgar Kedaulatan Suriah

Jum'at, 29 April 2016 - 19:41 WIB
Rusia: Pengiriman Tentara AS Langgar Kedaulatan Suriah
Rusia: Pengiriman Tentara AS Langgar Kedaulatan Suriah
A A A
MOSKOW - Rusia kembali bersuara mengenai pengiriman tentara Amerika Serikat (AS) ke Suriah. Kali ini Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov yang angkat bicara mengenai pengiriman tentara tersebut.

Ryabkov dengan tegas mengatakan bahwa apa yang dilakukan AS adalah sesuatu yang ilegal. Selain itu, AS juga telah melanggar kedaulatan Suriah karena tidak izin terlebih dahulu kepada pemerintah Suriah di bawah pimpinan Bashar al-Assad.

"Penyebaran pasukan khusus AS di Suriah tanpa koordinasi dengan Damaskus merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Suriah," kata Ryabkov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Jumat (29/4).

Awal pekan ini, Presiden AS Barack Obama mengaku akan mengirim 250 pasukan operasi khusus tambahan ke Suriah dalam beberapa pekan mendatang. Pengiriman pasukan itu untuk mendukung milisi lokal dalam perjuangan anti-Daesh, istilah Arab untuk ISIS.

Sebelumnya, pada bulan Oktober tahun lalu, AS telah mengerahkan setidaknya 50 tentara ke Suriah untuk membantu milisi lokal memerangi kelompok ekstrimis ISIS.

Sebelumnya, pemerintah Suriah, melalui Kementerian Luar Negeri mereka juga telah bersuara mengenai pengiriman tentara ini. Damaskus menyebut tindakan AS ini adalah intervensi yang berbahaya, dan merupakan tindakan agresi terhadap Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5356 seconds (0.1#10.140)