Turki Cegah Kurdi Bebaskan Suriah Utara dari Jeratan ISIS

Minggu, 14 Februari 2016 - 16:48 WIB
Turki Cegah Kurdi Bebaskan Suriah Utara dari Jeratan ISIS
Turki Cegah Kurdi Bebaskan Suriah Utara dari Jeratan ISIS
A A A
KOBANE - Pemerintah Turki sedang berusaha mencegah pasukan Kurdi untuk merebut kembali sejumlah wilayah do Suriah utara, yang berbatasan langsung dengan Turki dari tangan ISIS. Hal itu disampaikan oleh pengamat politik yang berbasis di Kobane, Barzan Iso.

Iso mengatakan upaya pencegahan tersebut terlihat dari serangkaian penembakan yang dilakukan oleh pasukan Turki terhadap pasukan Kurdi yang berada di wilayah Latakia. Sama halnya dengan Kobane, Latakia adalah wilayah Suriah yang berbatasan dengan Turki.

"Turki sedang berusaha untuk mencegah pasukan Kurdi untuk membebaskan daerah sekitar perbatasan Turki dari tangan ISIS," kata Iso dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (14/2).

"Ini dilakukan karena unit YPG (Perlindungan Masyarakat Kurdi) saat ini lebih kuat dari sebelumnya, dan memiliki kemampuan untuk membebaskan daerah sekitar Turki dari ISIS," sambungnya.

Dirinya juga mengungkap alasan mengapa Turki berusaha untuk mencegah Kurdi membebaskan sejumlah wilayah di perbatasan Turk-Suriah dari tangan. Menurutnya, keberadaan ISIS bisa membantu Turki untuk melakukan invasi ke Suriah.

"Alasan adanya langkah agresif Turki bukan hanya karena ada hubungan yang menguntungkan antara Tukir dan ISIS. Tapi juga karena keberadaan ISIS mampu membuat zona penyangga yang berguna untuk Ankara yang akhirnya bisa membantu Turki "menduduki" wilayah antara Aleppo dan perbatasan Turki," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4628 seconds (0.1#10.140)