Dokumen Putin 2016, Rusia Waswas AS dan Ekspansi NATO

Jum'at, 01 Januari 2016 - 08:21 WIB
Dokumen Putin 2016,...
Dokumen Putin 2016, Rusia Waswas AS dan Ekspansi NATO
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menandatangani dokumen atau catatan Strategi Keamanan Nasional 2016 untuk Rusia. Salah satu poin dalam dokumen itu menyebut senjata biologi Amerika Serikat (AS) dan ekspansi NATO jadi ancaman keamanan Rusia.

Menurut dokumen yang dilansir BBC, Jumat (1/1/2016) itu, negara-negara NATO berjuang untuk mendominasi urusan global. Dokumen Strategi Keamanan Nasional 2016 diteken Putin hari Kamis atau menjelang pergantian tahun.

Jaringan laboratorium biologi militer AS berkembang di wilayah negara-negara tetangga Rusia,” bunyi dokumen itu. ”Kebijakan luar negeri dan dalam negeri Rusia yang independen telah bertemu dengan penetralan oleh AS dan sekutunya, berusaha untuk mempertahankan dominasinya dalam urusan dunia,” lanjut dokumen tersebut.

Rusia juga waspada dengan ekspansi NATO yang mulai menyebar di dekat perbatasan Rusia. Hal itu dianggap sebagai ancaman bagi keamanan nasional negeri Beruang Merah.”Prinsip-prinsip keamanan yang sama dan tak terpisahkan sedang tidak dihormati di wilayah Euro-Atlantik, Eurasia dan Asia-Pasifik,” imbuh isi dokumen Strategi Keamanan Nasional 2016 Rusia itu.

Masih menurut dokumen tersebut, Rusia tetap masih tertarik berdialog secara adil dan berhubungan baik dengan NATO, AS dan Uni Eropa.

Di bawah kemitraan ini, sangat penting untuk meningkatkan mekanisme yang diberikan oleh perjanjian internasional mengenai pengawasan senjata, tindakan membangun kepercayaan, masalah yang berkaitan dengan non-proliferasi senjata pemusnah massal, perluasan kerjasama dalam memerangi terorisme dab penyelesaian konflik regional,” sambung isi dokumen Rusia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0466 seconds (0.1#10.140)