Pentolan Hizbullah Dibunuh, Iran Sebut Israel Langgar Kedaulatan Suriah

Selasa, 22 Desember 2015 - 17:26 WIB
Pentolan Hizbullah Dibunuh, Iran Sebut Israel Langgar Kedaulatan Suriah
Pentolan Hizbullah Dibunuh, Iran Sebut Israel Langgar Kedaulatan Suriah
A A A
TEHERAN - Iran ikut mengecam serangan udara Israel terhadap bangunan perumahan di pinggiran Damaskus, Suriah, yang menewaskan salah satu komandan Hizbullah Libanon, Samir Kuntar alias Samir Qatar. Iran menyebut Israel telah melanggar kedaulatan Suriah.

Pembunuhan terhadap Qantar (Kuntar) adalah pelanggaran kedaulatan nasional dan integritas wilayah negara merdeka dan negara anggota PBB, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Jaber Ansari seperti dikutip kantor berita IRNA, Selasa (22/12/2015).

Kuntar adalah mantan gerilyawan Hizbullah yang ikut bertempur ketika perang Israel dan Libanon pecah beberapa tahun lalu. Di Israel, Kuntar pernah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, namun dibebaskan pada tahun 2008 sebagai bagian dari pertukaran tawanan dengan Hizbullah.


Sedangkan di Libanon, Kuntar dianggap sebagai pahlawan. Pemimpin Hizbullah Libanon, Hassan Nasrallah, telah bersumpah untuk balas dendam pada Israel atas kematian Kuntar.

Samir adalah salah satu dari kami dan seorang komandan perlawanan kami dan itu adalah hak kita untuk membalas pembunuhan di tempat, waktu dan cara kita dengan tepat. Kami akan menggunakan hak kami, atas izin Tuhan,” katanya, dalam sebuah pidato.

(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5620 seconds (0.1#10.140)