Suriah: Turki Tembak Su-24 karena Ganggu Bisnis dengan ISIS

Jum'at, 27 November 2015 - 16:50 WIB
Suriah: Turki Tembak Su-24 karena Ganggu Bisnis dengan ISIS
Suriah: Turki Tembak Su-24 karena Ganggu Bisnis dengan ISIS
A A A
DAMASKUS - Menteri Informasi Suriah Omran al-Zoubi menyebut alasan Turki menembak jatuh jet Rusia Su-24 karena kesal bisnis mereka dengan ISIS diganggu. Turki memang disebut sebagai salah satu negara yang membeli minyak mentah dari ISIS.

Zoubi mengatakan, minyak yang dibeli Turki tersebut dikirimkan ke perusahaan milik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Oleh karena itu, ketika Rusia menghancurkan konvoi truk minyak ISIS, Erdogan menjadi sangat kesal.

"Semua minyak itu dikirmkan ke perusahaan milik putra Recep Erdogan. Inilah sebabnya mengapa Turki menjadi cemas ketika Rusia mulai memberikan serangan udara terhadap infrastruktur ISIS dan menghancurkan lebih dari 500 truk minyak," ucap Zoubi.

"Ini benar-benar mempengaruhi perusahaan dan tentu saja Erdogan. Mereka bukan hanya mengimpor minyak, tapi gandum dan artefak bersejarah juga," sambungnya seperti dilansir Sputnik pada Jumat (27/11).

Dirinya juga mengatakan, Turki telah berbohong dengan mengatakan bahwa sebelum menembak jatuh Su-24, mereka sudah terlebih dahulu memberikan peringatan kepada jet Rusia tersebut.

"Fakta dari serangan terhadap pesawat Rusia di wilayah udara Suriah dilakukan tanpa peringatan apapun, seperti apa yang disampaikan oleh pilot pesawat tersebut, menegaskan sekali lagi bahwa Turki berbohong," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5030 seconds (0.1#10.140)