Menlu Arab Saudi: Perang Yaman Hampir Berakhir

Minggu, 01 November 2015 - 22:43 WIB
Menlu Arab Saudi: Perang Yaman Hampir Berakhir
Menlu Arab Saudi: Perang Yaman Hampir Berakhir
A A A
AL MANAMA - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir mengatakan, ia melihat perang Yaman hampir berakhir. Indikasinya adalah keberhasilan pasukan pemerintah Yaman menguasai sebagian besar wilayah negara itu.

"Saya yakin konflik Yaman telah memasuki tahap akhir, dan saya optimis," katanya seperti dikutip dari laman Arab News, Minggu (1/11/2015). "Meski ada beberapa daerah yang perlu dibebaskan termasuk Sanaa, namun tren bergerak ke arah yang benar," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Jubeir mengatakan, pemberontak Houthi masih mempunyai kesempatan untuk ikut andil dalam proses politik di Yaman, jika memang nantinya perang benar-benar berakhir.

"Satu-satunya hal yang tidak dapat mereka miliki adalah posisi istimewa, karena membedakan mereka dengan Yaman dan lainnya akan menimbulkan ketidakadilan. Dan mereka tidak dapat memiliki milisi di luar lembaga negara," katanya saat berbicara pada Konferensi Keamanan, Dialog Manama, di Bahrain.

Pada bulan Maret lalu, pemberontak Haouthi dan pasukan yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh, merebut Aden dan memaksa Presiden Yaman Abedrabbo Mansur Hadi untuk mengungsi setelah berhasil melarikan diri dari tahanan rumah di Sanaa.

Aksi kelompok Houthi ini pun memancing reaksi dari sejumlah negara Arab. Di bawah komando Arab Saudi, sejumlah negara Arab membentuk koalisi dan memerangi kelompok Houthi sejak bulan Maret 2015 hingga saat ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4844 seconds (0.1#10.140)