Malaysia Tak Tekan Indonesia soal Kabut Asap, Ini Alasannya

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 10:53 WIB
Malaysia Tak Tekan Indonesia soal Kabut Asap, Ini Alasannya
Malaysia Tak Tekan Indonesia soal Kabut Asap, Ini Alasannya
A A A
PUTRAJAYA - Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, mengatakan, Malaysia tidak akan menekan Indonesia atas masalah kabut asap. Alasannya, Indonesia telah menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mengatasi masalah itu.

Wakil Najib Razak itu mengatakan bahwa para pemimpin Indonesia sudah meminta bantuan dari negara-negara tetangga untuk bekerja sama guna melawan kabut asap imbas dari kebakaran hutan di Indonesia.

”Kita harus membantu mereka untuk mengatasi masalah ini yang merupakan isu lintas batas," katanya dalam konferensi pers setelah menyampaikan pidatonya di Putrajaya International Security Dialogue (PISD) kemarin, sebagaimana dilansir The Star, Jumat (23/10/2015).

Dia menambahkan bahwa Malaysia siap untuk berbagi metode terbaik dalam budidaya kelapa sawit dengan Indonesia sebagai bagian dalam upaya untuk mengurangi kebakaran hutan. Hal itu, kata dia, diusulkan secara pribadi kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Ahmad Zahid mencontohkan sistem yang digunakan oleh TH Plantation Bhd di Riau, di mana di antara setiap dua baris kelapa sawit, dibangun saluran air ke tanaman. Hal itu sekaligus untuk mencegah menyebarnya api jika kebakaran terjadi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)