Ini Penjelasan AS Soal Serangan di RS Afghanistan

Senin, 05 Oktober 2015 - 21:42 WIB
Ini Penjelasan AS Soal Serangan di RS Afghanistan
Ini Penjelasan AS Soal Serangan di RS Afghanistan
A A A
KUNDUZ - Amerika Serikat (AS) akhirnya memberikan penjelasan mengenai serangan jet tempur mereka terhadap sebuah rumah sakit yang dirintis kelompok Medecins Sans Frontieres (MSF) di Kunduz, Afghanistan. AS, seperti sudah diduga menyebut serangan itu sebagai sesuatu yang tidak disengaja.

Komandan pasukan internasional AS di Afghanistan, John Campbell mengatakan, serangan itu dilakukan pihaknya setelah mendapat permintaan untuk membantu tentara Afghanistan yang tengan kesulitan menghadapi kaum militan. Kebetulan, pertempuran itu terjadi di dekat rumah sakit tersebut.

"Kami sekarang telah memperlajari, bahwa pada 3 Oktober lalu pasukan Afghanistan menyarankan bahwa mereka sedang terlibat pertempuran di wilayah musuh dan meminta dukungan udara dari pasukan AS," kata Campbell dalam sebuah pernyataan.

"Sebuah serangan udara kemudian dilancarkan untuk menghilangkan ancaman yang ditimbulkan Taliban, dan secara tidak sengaja warga sipil turut terkena serangan tersebut," sambung Campbell, seperti dilansir Reuters pada Senin (5/10/2015).

Campbell juga menuturkan, saat ini penyelidikan lebih lanjut mengenai insiden tersebut masih terus dilakukan. Dirinya berjanji, penyelidikan ini akan berlangsung secara transparan, dimana tidak ada satupun fakta yang akan ditutupi.

Serangan itu sendiri dilaporkan merenggut setidaknya 22 jiwa, dimana beberapa dokter, staf rumah sakit, dan juga sejumlah pasien tewas dalam serangan terebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3812 seconds (0.1#10.140)