Arab Saudi Minta Rusia Hentikan Serangan di Suriah

Kamis, 01 Oktober 2015 - 13:55 WIB
Arab Saudi Minta Rusia Hentikan Serangan di Suriah
Arab Saudi Minta Rusia Hentikan Serangan di Suriah
A A A
NEW YORK - Serangan yang dilakukan Rusia di Suriah terus menerus mendapat kritikan dan kecaman. Arab Saudi adalah salah satu negara yang mengkritik serangan yang menargetkan ISIS tersebut, dimana Saudi meminta Rusia untuk segera menghentikan aksinya di Suriah.

Saudi menilai, Rusia sebagai negara yang munafik. Menurut mereka, di. saat Rusia mengklaim melakukan serangan terhadap ISIS, di saat yang sama Rusia justru membantu kelompok teror lainnya, seperti Hizbullah, dan membantu rezim teror di bawah pimpinan Bashar al-Assad.

"Negara-negara yang baru saja tiba di Suriah tidak bisa mengklaim bahwa mereka tengah melawan ISIS, sementara di sisi lain mendukung rezim brutal Bashar al-Assad dan sekutu terorisnya seperti Hizbullah," kata Wakil Tetap Arab Saudi untuk PBB Abdullah Al-Mouallimi, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (1/10/2015).

Sebelum Saudi, Amerika Serikat (AS) sudah terlebih dahulu mengecam kebijakan terbaru Rusia di Suriah tersebut. AS menuduh Rusia tidak menyerang ISIS, melainkan pemberontak Suriah, yang selama ini memang mendapat dukungan dari AS.

Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter dengan gamblang menyebut kebijakan Rusia tersebut sebagai kebijakan yang gagal.

Rusia sendiri mulai melakukan serangan di Suriah semalam. Pada manuver di hari pertama, Negeri Beruang Merah itu meluncurkan 20 penerbangan tempur yang menghajar delapan target basis ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4867 seconds (0.1#10.140)