Iran dan Brasil Desak Solusi Politik di Suriah

Minggu, 13 September 2015 - 17:22 WIB
Iran dan Brasil Desak Solusi Politik di Suriah
Iran dan Brasil Desak Solusi Politik di Suriah
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran dan Menteri Luar Negeri Brasil mendesak penyelesaian secara politik terkait krisis yang terjadi di Suriah. Hal itu diungkapkan keduanya saat bertemu di ibukota Iran, Teheran.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Suriah dan negara-negara regional untuk membuka dialog guna menghadapi ancaman terorisme dan ekstrimisme di kawasan tersebut.

"Hal ini baik untuk negara-negara regional guna berpikir tentang masa depan negara mereka dan warga mereka serta untuk membentuk sebuah front bersatu guna melawan ancaman regional ini dan global terorisme," ucap Zarif dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Hubungan Eksternal Brasil, Mauro Luiz Iecker Vieira, seperti disutat dari Xinhua, Minggu (13/9/2015).

Zarif mengatakan, Iran siap untuk serius terlibat dengan negara-negara regional guna membentuk koalisi. Ditambahkannya, Iran juga ingin bekerjasama dengan setiap upaya internasional dalam mengakhiri krisis di Suriah, Yaman, Libya, dan tempat-tempat lain. Zarif juga mengkritik apa yang disebutnya dengan standar ganda dalam upaya internasional guna memerangi terorisme dan ekstrimisme.

Sementara itu, Vieira mengatakan, tindakan militer tidak dapat berperan dalam memecahkan masalah di Suriah. Diplomasi dan sarana politik adalah satu-satunya pilihan untuk mengakhiri masalah di negeri Arab.

"Memerangi terorisme adalah bagian dari kebijakan Brasil dan Brasil adalah anggota dari perjanjian internasional melawan terorisme," tegasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4371 seconds (0.1#10.140)