Suriah Akui Kehadiran Penasihat Militer Rusia di Wilayahnya

Rabu, 09 September 2015 - 20:31 WIB
Suriah Akui Kehadiran Penasihat Militer Rusia di Wilayahnya
Suriah Akui Kehadiran Penasihat Militer Rusia di Wilayahnya
A A A
DAMASKUS - Seorang pejabat militer Suriah membenarkan pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova soal pengiriman penasihat miliiter ke Suriah. Pejabat itu mengatakan, Rusia sudah sejak lama mengirimkan penasihat militer ke Suriah.

Dalam kondisi anonim, pejabat tersebut menuturkan, setiap tahunnya Rusia bisa beberapa kali mengirimkan penasihat militer atas permintaan Presiden Bashar al-Assad. Dan dalam setahun terakhir, Rusia semakin intens mengirimkan penasihat militer ke Suriah.

"Penasihat militer Rusia kerap berada di Suriah. Tapi dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini mereka meningkatkan jumlah kehadiran penasihat militer di negara kami," ucap pejabat tersebut, seperti dilansir Reuters pada Rabu (9/9/2015).

Pernyataan pejabat itu sendiri seperti menepis pernyataan yang dilontarakan pemerintah Suriah sebelumnya. Dimana, pemerintah Suriah menyangkal bahwa ada pasukan atau penasihat militer Rusia di Damaskus.

Ini juga semakin meningkatkan kekhawatiran Amerika Serikat (AS), yang memang sedari awal menduga bahwa Rusia telah mengirimkan staf militer mereka ke Suriah. AS menuturkan, pengiriman bantuan militer ini ditakutkan dapat menimbulkan konfrontasi dengan pasukan alinasi internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)