China Dukung Ide Putin Kembangkan Wilayah Timur Jauh

Sabtu, 05 September 2015 - 21:00 WIB
China Dukung Ide Putin Kembangkan Wilayah Timur Jauh
China Dukung Ide Putin Kembangkan Wilayah Timur Jauh
A A A
VLADIVOSTOK - Wakil Perdana Menteri China, Wang Yang, mendukung rencana Presiden Rusia Valdimir Putin untuk mengembangkan wilayah Timur Jauh negara itu yang mencakup kawasan Siberia dan Samudera Pasifik. Menurutnya, ide itu sama dengan strategi yang dimiliki oleh Beijing.

"Strategi pengembangan Timur Jauh sesuai dengan strategi China, yaitu kelahiran kembali poros Utara-Timur," kata Yang. "Kemitraan Rusia-China pasti akan membawa hasil," tambahnya.

Hal itu dikatakan Yang dalam Forum Ekonomi Timur di Pasifik yang dihelat di Vladivostok, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (5/9/2015). Namun, Yang tidak bisa mengikuti forum tersebut hingga selesai. Secara mendadak ia dan delegasi utusan China lainnya meninggalkan pertemuan tersebut.

"Ini kejadian tiba-tiba, tapi tidak ada masalah. Sesi pertama ditunda dan mereka (delegasi China), sudah dijadwalkan untuk mengikuti briefing," kata ketua Komite Persahabatan China-Rusia, Boris Titov. Namun, menurut salah seorang pejabat yang enggan menyebutkan namanya, kenyataan yang terjadi justru sebaliknya. "Jadwal telah berubah," katanya,

Sebelumnya, pada pembukaan Forum Ekonomi Timur Jauh di Pasifik, Putin berjanji bahwa wilayah Timur Jauh akan menjadi pusat bisnis yang menguntungkan. Rusia pun siap memberikan dukungan kepada investor dari Asia dan domestik yang bersedia untuk datang ke wilayah terpencil di Rusia itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3088 seconds (0.1#10.140)