Kapal AS Pengirim Materi Perang Dunia II Kibarkan Bendera Rusia

Sabtu, 05 September 2015 - 15:22 WIB
Kapal AS Pengirim Materi Perang Dunia II Kibarkan Bendera Rusia
Kapal AS Pengirim Materi Perang Dunia II Kibarkan Bendera Rusia
A A A
BALTIMORE - Kapal kargo Amerika Serikat (AS), John W. Brown, yang membawa materi perang Uni Soviet selama Perang Dunia II, mengibarkan bendera Rusia saat bergerak melewati pelabuhan Baltimore.

Pengibaran bendera Rusia itu sebagai penghormatan atas jasa Soviet selama Perang Dunia II melawan rezim Nazi Jerman. Anggota Komisi Bersama AS-Rusia untuk Narapidana Perang dan Korban Hilang ikut hadir dalam acara ulang tahun ke-72 kapal AS tersebut.

Kapal kargo AS itu juga dijuluki sebagai Kapal Liberty. Kapal itu dianggap berjasa dalam Perang Dunia II, di mana kebijakan AS di bawah komando Presiden Franklin Roosevelt kala itu pro-Soviet dan Inggris.

Perayaan ulang tahun kapal John W. Brown jatuh pada Sabtu (5/9/2015). Kapal itu merupakan satu dari dua kapal kargo Perang Dunia II yang masih aktif. Satu kapal lainnya,yakni kapal Jeremiah O'Brien berada di San Francisco, California.

”Kapal ini adalah bagian dari program yang terbesar dari proyek pembagunan kapal di dunia,” kata seorang veteran Perang Dunia II, Joseph Colgan kepada Sputnik. ”Pada perjalanan pertama, (kapal) itu membuat perjalanan panjang hingga ke Rusia,” lanjut dia.

Dalam pelayaran perdananya mulai Oktober 1942 sampai Maret 1943, Kapal John W. Brown membawa dua pesawat tempur, 20 tank, truk dan mobil untuk Angkatan Darat Soviet melalui Laut Kaspia.

Setelah Perang Dunia II berakhir, kapal John W. Brown dipinjamkan ke Kota New York untuk dipamerkan kepada para pelajar di AS. Saat ini, kapal yang seharunys masuk museum itu bukan milik pemerintah AS lagi, tetapi dikelola dan dimiliki oleh para relawan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3342 seconds (0.1#10.140)