Kelompok Garis Keras Iran Bikin Plakat Anti AS

Rabu, 02 September 2015 - 19:52 WIB
Kelompok Garis Keras Iran Bikin Plakat Anti AS
Kelompok Garis Keras Iran Bikin Plakat Anti AS
A A A
TEHERAN - Hanya selang beberapa jam setelah coretan anti Amerika Serikat (AS) dihapus dari dinding bekas Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Teheran, aksi sentimen anti Paman Sam kembali muncul di lokasi yang sama. Aksi sentiman anti AS ini dipelopori oleh lebih dari selusin mahasiswa kelompok garis keras Iran. Mereka membuat sebuah plakat anti AS di gerbang bekas Kedubes AS di Teheran.

Dikutip dari laman Washington Post, Rabu (2/9/2015), plakat tersebut diresmikan oleh mereka yang menamakan dirinya pasukan paramiliter Basij. Mereka membawa daftar kecaman yang pernah diucapkan oleh pendiri Republik Islam Iran, Imam Agung Ayatullah Rahullah Khomeini. Selama aksi tersebut, para mahasiswa membakar bendera AS, Inggris, dan bendera Israel.

Iran dan AS sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik sejak tahun 1979, setelah mahasiswa Iran menyerbu kedutaan AS dan menyandera 52 staf kedubes selama 444 hari. Lima bulan setelah itu atau tepatnya bulan April 1980, Iran dan AS secara resmi mengakhiri hubungan diplomatik mereka

Kelompok garis keras Iran memang telah menunjukkan sikap antipati terhadap AS. Sikap itu memuncak sejak penandatanganan perjanjian nuklir dengan Washington dan lima kekuatan dunia pada bulan lalu.

Sebelumnya media pemerintah Iran melaporkan bahwa, coretan “Matilah Amerika 2015” di dinding bekas Kedubes AS di Teheran telah dihapus. Penghapusan coretan itu menyusul kesepakatan nuklir Iran dan enam negara kekuatan dunia pada Juli 2015 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3497 seconds (0.1#10.140)