Saling Tembak Sesama Taliban, 5 Tewas

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 21:26 WIB
Saling Tembak Sesama Taliban, 5 Tewas
Saling Tembak Sesama Taliban, 5 Tewas
A A A
KABUL - Persinggungan di antara faksi-faksi yang ada di tubuh kelompok Taliban terus terjadi dan berujung pada jual beli tembakan. Tercatat, sudah dua kali bentrok bersenjata terjadi diantara kelompok Taliban.

Terbaru, baku tembak antar faksi di Taliban berujung pada tewasnya lima orang anggota kelompok tersebut. Hal ini diungkapkan oleh petinggi Taliban yang berusaha menyatukan kedua faksi tersebut, Ahmad Rabbani, seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (29/8/2015).

Rabbani menuturkan, peritiwa ini terjadi setelah salah seorang komandan Taliban yang loyal kepada keluarga Mullah Omar, Mullah Mansoor Dadullah, memimpin ratusan anggota melawan pemimpin Taliban yang dipilih untuk menggantikan Mullah Omar, Mullah Akhtar Mansoor. Perang saudara pun pecah di Provinsi Zabul sebelah selatan Afghanistan, wilayah yang telah lama diduduki oleh Taliban.

Perpecahan di kelompok Taliban terjadi setelah kelompok militan itu mengumumkan kematian pemimpinnya Mullah Omar, yang ternyata telah tewas dua tahun lalu. Deputi Mullah Omar, Mullah Akhtar Mansoor, pun dipilih menjadi suksesor.

Namun penunjukkan Mullah Akhtar Mansoor mendapat tentangan dari keluarga Mullah Omar. Perpecahan berujung bentrok senjata pun terjadi. Rabbani sendiri berharap perpecahan di kelompoknya segera berakhir dengan adanya pemimpin baru yang kemungkinan akan diumumkan pada Selasa pekan depan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4340 seconds (0.1#10.140)