Airbus Ingin Buat Jet Hipersonik, London-New York Bisa 1 Jam

Selasa, 04 Agustus 2015 - 12:33 WIB
Airbus Ingin Buat Jet Hipersonik, London-New York Bisa 1 Jam
Airbus Ingin Buat Jet Hipersonik, London-New York Bisa 1 Jam
A A A
LONDON - Pemegang hak paten mesin pesawat Airbus ingin membuat pesawat jet hipersonik dengan kecepatan 4,5 kali dari kecepatan suara atau sekitar 5.500 km/jam. Dengan kecepatan itu, nantinya perjalanan dari London ke New York bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

Selama ini, perjalanan dari London (Inggris) ke New York (Amerika Serikat) rata-rata ditempuh antara tujuh hingga delapan jam.

Pihak US Patent and Trademark Office (USPTO) baru-baru ini menyetujui aplikasi pesawat jet hipersonik untuk Airbus. Setelah memenangkan hak paten untuk penerapan mesin pesawat jet hipersonik, Air bus—perusahaan penerus Concorde—bersiap mewujudkan perjalanan pesawat supercepat tersebut.

“Sebuah kendaraan udara ultra-cepat dan metode ‘penggerak’ udara terkait akan membawa orang-orang dengan kecepatan dua kali lipat,” demikian laporan majalah Sky Mall, mengacu pada kehebatan kecepatan pesawat jet hipersonik, yang dilansir Selasa (4/8/2015).

USPTO telah melansir sejumlah foto ilustrasi dari rancangan pesawat jet hipersonik untuk Airbus. Dalam foto itu tampak ada tiga jenis mesin yang dibentuk berbeda yang fungsinya bekerjasama untuk mendorong pesawat bisa melesat dengan kecapatan hingga 5.500 km/jam.

Masih menurut foto dari USPTO, dua jet turbo yang dipasang akan memungkinkan pesawat jet untuk terbang menanjak vertikal ketika take-off, sebelum pesawat melesat melebihi kecepatan suara.

Selain itu ada sebuah motor roket yang membawa pesawat terbang dengan ketinggian 100 ribu kaki (30 ribu meter) dan ramjets wings-mount yang berfungsi mengambil kendali untuk mendorong pesawat jet mecapai kecepatan akhir.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4773 seconds (0.1#10.140)