‪Gelombang Panas di India Terus Memakan Korban

Kamis, 28 Mei 2015 - 12:47 WIB
‪Gelombang Panas di India Terus Memakan Korban
‪Gelombang Panas di India Terus Memakan Korban
A A A
NEW DELHI - Gelombang panas yang menghantam India dilaporkan terus memakan korban jiwa. Sebelumnya diberitakan, gelombang panas tersebut telah merenggut sekitar 700 jiwa, dan kini jumlah korban meningkat hampir dua kali lipat.

Berdasarkan laporan beberapa media lokal, seperti dilansir Al Jazeera semalam, jumlah korban hawa panas di India mencapai lebih dari 1.200 jiwa. Bisa dipastikan jumlah korban akan terus meningkat.

Gelombang panas, menurut Ahli Meteorologi Richard Angwin, akan terus belanjut hingga pekan depan, atau menjelang musim penghujan."Bagi daerah-daerah yang mengalami panas terparah, hujan baru akan turun beberapa pekan mendatang. Hingga musim hujan, panas ini akan terus menjadi masalah," kata Angwin.

Sementara itu,Pemerintah India mengatakan, negara bagian Andhra Pradesh, di bagian selatan India, menjadi lokasi dengan korban tewas terbanyak. Sejak 18 Mei 2015, korban jiwa yang jatuh di Andhra Pradesh mencapai 900 orang. Menurut Angwin, banyaknya jumlah kematian di selatan India disebabkan bukan hanya oleh gelombang panas, tapi karena tingkat kelembapan yang terlampau tinggi juga.

"Tingginya kelembaban di wilayah di selatan India memperparah kondisi akibat cuaca panas. Negara bagian Pradesh dan Orissa mengalami panas dan kelembaban tak tertahankan. Temperatur udara turun sedikit pada malam hari menjadi 30 derajat Celcius," paparnya.

Pemerintah India sendiri dilaporkan tengah berusaha untuk membangun poska-poska bantuan di wilayah yang paling parah terdampak hawa panas ini. Dalam posko tersebut kelak, pemerintah India akan menyediakan air baik untuk minum dan mandi, dan juga susu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5578 seconds (0.1#10.140)