Iran-Korut Kerjasama Bangun Rudal Balistik

Kamis, 28 Mei 2015 - 12:31 WIB
Iran-Korut Kerjasama Bangun Rudal Balistik
Iran-Korut Kerjasama Bangun Rudal Balistik
A A A
TEHERAN - Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI) menyatakan, sejumlah delegasi Korea Utara (Korut) telah melakukan kunjungan ke Teheran pada akhir April. Kunjungan delegasi Korut ini guna membahas kerjasama pembangunan rudal balisitk, dan juga pengembangan teknologi nuklir.

NCRI, yang merupakan perkumpulan masyarakat Iran di pengasingan mengatakan, delegasi Korut yang datang terdiri dari para ahli di bidang nuklir dan sejanta. Kunjungan April lalu, menurut kelompok itu merupakan kunjungan ketiga selama tahun 2015.

"Para delegasi, yang berjumlah sembilan orang terdiri dari ahli nuklir, ahli hulu ledak nuklir dan ahli dalam berbagai elemen rudal balistik termasuk sistem navigasi," kata juru bicara NCRI Shahin Gobadi, seperti dilansir Reuters pada Kamis (28/5/2015).

Masih menurut NCRI, dalam kunjungannya tersebut delegasi Korut itu juga dibawa ke kompleks Imam Khamenei, sebuah komplek penelitian nuklir di Timur Teheran. Kelompok yang mayoritas adalah mantan pekerja di komplek nuklir Iran mengatakan kompleks Imam Khamenei merupakan pusat penelitian dan produksi hulu ledak nuklir.

Para delegasi Korut itu, lanjut NCRI rencananya akan kembali pada Juni nanti. NCRI mengatakan, mereka mendapatkan semua info tersebut dari beberapa rekan mereka di Kementerian Pertahanan dan pekerja di komplek teknologi nuklir Iran.

Sementara itu, baik Teheran atau Pyongyang sendiri belum memberikan komentar apapun mengenai laporan yang dirilis oleh NCRI tersebut. Badan PBB soal pengembangan nuklir Iran juga belum mau berkomentar mengenai hal ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4545 seconds (0.1#10.140)