Kazakhstan Tak Lagi Izinkan Warga Rusia Tinggal Tanpas Batas Waktu

Rabu, 18 Januari 2023 - 19:05 WIB
loading...
Kazakhstan Tak Lagi Izinkan Warga Rusia Tinggal Tanpas Batas Waktu
Kazakhstan Tak Lagi Izinkan Warga Rusia Tinggal Tanpas Batas Waktu. FOTO/Reuters
A A A
ALMATY - Kazakhstan tidak akan lagi mengizinkan warga negara Rusia untuk tinggal di negara Asia Tengah itu tanpa batas waktu. Kazakhstan memberlakukan apa yang disebut visa berjalan setiap tiga bulan, menurut arahan pemerintah yang diterbitkan minggu ini.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (17/1/2023), Astana akan melarang praktik itu mulai 26 Januari. Peraturan ini mengharuskan warga Rusia dan warga negara anggota lain dari Uni Ekonomi Eurasia, sebuah blok pasca-Soviet, untuk meninggalkan negara itu setidaknya selama 90 hari setelah diizinkan tinggal selama tiga bulan.



Kementerian Dalam Negeri, yang mengusulkan reformasi tersebut, mengatakan hal itu akan memberi negara kendali lebih besar atas imigrasi.

Puluhan ribu orang Rusia, kebanyakan pria muda dan paruh baya, pindah ke Kazakhstan tahun lalu saat Moskow, yang terlibat dalam konflik Ukraina, meluncurkan kampanye wajib militer pertamanya sejak Perang Dunia Kedua.

Bahasa Rusia digunakan secara luas di Kazakhstan dan kedua negara berbagi perbatasan darat terpanjang di dunia, menjadikan Kazakhstan pilihan populer di antara orang Rusia yang melarikan diri dari wajib militer.



Kemampuan untuk tinggal di negara secara de facto tanpa batas waktu - dengan meninggalkannya dan masuk kembali setiap 90 hari - menjadi faktor penting lainnya.

Namun, negara itu telah berjuang untuk mengatasi masuknya Rusia. Pihak berwenang di Kazakhstan mengatakan arus masuk yang luar biasa besar berkontribusi terhadap inflasi, yang melonjak hingga lebih dari 20% tahun lalu, tertinggi sejak 1990-an.

Perang di Ukraina juga telah mempererat hubungan antara Moskow dan Astana karena Astana menolak untuk mendukung mantan penguasa Sovietnya dan menyerukan perdamaian.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)