Intai Gerak-gerik Rusia, NATO Kerahkan 3 Pesawat Mata-mata ke Rumania

Rabu, 18 Januari 2023 - 01:59 WIB
loading...
Intai Gerak-gerik Rusia, NATO Kerahkan 3 Pesawat Mata-mata ke Rumania
NATO kerahkan tiga pesawat pengintai ke Rumania. Salah satu misinya adalah mengintai gerak-gerik militer Rusia. Foto/REUTERS
A A A
BUCHAREST - Tiga pesawat pengintai NATO tiba di Rumania pada Selasa (17/1/2023) untuk memperkuat sayap timur aliansi. Ketiga pesawat mata-mata tersebut juga akan menjalankan misi memantau aktivitas militer Rusia .

NATO mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya akan mengerahkan pesawat pengintai Airborne Warning and Control System (AWACS) ke Bucharest, di mana mereka akan memulai penerbangan pengintaian hanya di atas wilayah negara-negara NATO.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu, NATO telah meningkatkan kehadiran aset udaranya di Eropa Timur dan Baltik, termasuk jet tempur, pesawat pengintai, dan pesawat tanker.



Menteri Pertahanan Rumania Angel Tilvar mengofirmasi kedatangan tiga pesawat pengintai dari Jerman telah tiba di Bucharest.

“Jet AWACS tiba di Bucharest, dari sana mereka akan mengirimkan informasi ke NATO tentang setiap gerakan taktis dan operasional di perbatasan aliansi,” kata Tilvar.

NATO, kata Tilvar, akan melacak aksi militer Rusia di sisi timurnya menggunakan pesawat-pesawat tersebut.

Mengutip Reuters, pesawat-pesawat yang dikerahkan ke Rumania milik armada 14 pesawat pengintai NATO yang biasanya berbasis di Jerman. Sekitar 180 personel militer dikerahkan untuk mendukung misi tersebut.

"Karena perang ilegal Rusia di Ukraina terus mengancam perdamaian dan keamanan di Eropa, tidak boleh ada keraguan tentang tekad NATO untuk melindungi dan mempertahankan setiap jengkal wilayah Sekutu," kata juru bicara NATO Oana Lungescu dalam pernyataan 12 Januari.

“AWACS kami dapat mendeteksi pesawat yang berjarak ratusan kilometer, menjadikannya kemampuan kunci untuk pencegahan dan postur pertahanan NATO.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)