Ketika Kapal Induk AS dan China Sama-sama Masuk Laut China Selatan

Senin, 16 Januari 2023 - 11:06 WIB
loading...
Ketika Kapal Induk AS dan China Sama-sama Masuk Laut China Selatan
Kapal induk USS Nimitz Angkatan Laut Amerika Serikat bersama kelompok tempurnya memasuki Laut China Selatan sejak Kamis pekan lalu. Pada saat yang bersamaan, Kelompok Tempur Kapal Induk Shandong China juga masuk di perairan yang sama. Foto/US Navy
A A A
BEIJING - Kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Nimitz, bersama kelompok tempurnya mulai beroperasi di Laut China Selatan sejak Kamis pekan lalu.

Pada saat yang sama, kapal induk China, Shandong, bersama kelompok tempurnya juga berada di perairan yang sama untuk latihan tempur.

Seorang pejabat pertahanan Amerika mengatakan kepada CNN bahwa dua kapal China membuntuti Kelompok Tempur Kapal Induk USS Nimitz AS.

Kelompok Tempur Kapal Induk (CSG) USS Nimitz terdiri dari kapal induk USS Nimitz, kapal penjelajah bersenjata rudal, dan tiga kapal perusak bersenjata rudal.



Menurut komandan USS Nimitz, kelompok tempur yang memiliki kemampuan mematikan dan tidak mematikan dari “angkasa hingga bawah laut", melintasi setiap sumbu, dan setiap domain. Kelompok tempur tersebut baru pertama kalinya memasuki Laut China Selatan.

Sementara itu, media pemerintah Chinal, Global Times, pada Senin (16/1/2023), melaporkan Kelompok Tempur Kapal Induk Shandong telah mengadakan serangkaian latihan konfrontasi di Laut China Selatan pada saat Kelompok Tempur Kapal Induk USS Nimitz memasuki perairan yang sama.

Analis militer China, Song Zhongping, mengatakan kapal induk Shandong secara praktis telah meningkatkan kesiapan tempurnya.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China membenarkan bahwa Kelompok Tempur Kapal Induk Shandong melakukan latihan konfrontasi yang berorientasi pertempuran yang realistis di Laut China Selatan.

"Latihan itu mensimulasikan serangan pesawat musuh, dan jet tempur J-15 lepas landas dari Shandong dan melakukan pelatihan intersepsi," bunyi pernyataan Angkatan Laut PLA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)