PM Inggris Tegaskan Akan Kirim Tank Challenger 2 ke Ukraina

Minggu, 15 Januari 2023 - 06:49 WIB
loading...
A A A
Pengumuman itu muncul saat serangkaian serangan rudal dilaporkan terjadi di berbagai lokasi di seluruh Ukraina, termasuk wilayah Kharkiv dan Lviv di timur dan barat negara itu.

Lima orang diketahui tewas dan sedikitnya 15 lainnya diselamatkan dari puing-puing setelah satu blok flat berlantai sembilan di Dnipro rusak oleh satu serangan.

Serangan itu merupakan bagian dari kampanye yang lebih luas dalam beberapa bulan terakhir dari militer Rusia, yang telah membombardir infrastruktur Ukraina sejak Oktober, menyebabkan pemadaman listrik dan gangguan pada pemanas sentral dan air mengalir dalam kondisi musim dingin yang membekukan.

Sebelumnya, militer Rusia mengumumkan telah merebut kota tambang garam Soledar setelah pertempuran panjang, menyebutnya sebagai langkah "penting" untuk serangannya.

Kemenangan itu akan memungkinkan pasukan Rusia untuk maju ke kota terdekat Bakhmut, dan menghentikan pasukan Ukraina di sana, kata seorang juru bicara.



Namun para pejabat Ukraina mengatakan perjuangan untuk Soledar masih berlangsung dan menuduh Rusia sebagai "kebisingan informasi".

Dibangun pada akhir 1990-an, tank Challenger berusia lebih dari 20 tahun, tetapi akan menjadi tank paling modern yang dimiliki Ukraina. Tank-tank itu akan memberi Ukraina perlindungan yang lebih baik, dan daya tembak yang lebih akurat.

Sementara donasi saja tidak dianggap sebagai pengubah permainan, langkah Inggris diharapkan akan menginspirasi negara lain untuk menyumbangkan peralatan yang lebih modern untuk membantu Ukraina.

Saat ini, Polandia memiliki rencana untuk mengirim 14 tank Leopard buatan Jerman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)