alexametrics

Langkah Balasan, China Sanksi Pejabat AS Terkait Uighur

loading...
Langkah Balasan, China Sanksi Pejabat AS Terkait Uighur
Ini adalah pembalasan terhadap sanksi Washington terhadap pejabat senior China atas perlakuan Beijing terhadap minoritas Muslim Uighur. Foto/REUTERS
A+ A-
BEIJING - China mengumumkan sanksi terhadap sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS), termasuk dua senator. Ini adalah pembalasan terhadap sanksi Washington terhadap pejabat senior China atas perlakuan Beijing terhadap minoritas Muslim Uighur.

Juru bicara kementerian luar negeri China, Hua Chunying mengungkapkan apa yang disebutnya sanksi yang sesuai terhadap Ted Cruz dan Marco Rubio, Duta Besar untuk Kebebasan Beragama Internasional, Sam Brownback dan Komisi Kongres-Eksekutif untuk China.

(Baca juga: Warga Uighur di Pengasingan Minta ICC Selidiki 'Genosida' China di Xinjiang)

Komisi Kongres-Eksekutif untuk China adalah komisi yang bertugas memantau HAM dan pengembangan aturan hukum di China, dan menyerahkan laporan tahunan kepada Presiden AS, Donald Trump dan Kongres.



"Tindakan AS secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, secara serius melanggar norma dasar hubungan internasional dan secara serius merusak hubungan China-AS," kata Hua dalam konferensi pers di Beijing.

"China akan membuat tanggapan lebih lanjut berdasarkan pada bagaimana situasi berkembang," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (13/7/2020).



(Baca juga: Diduga Dibuat di Kamp Uighur, AS Sita Produk Rambut Manusia Asal China)

Hua tidak menguraikan bentuk sanksi kepada para pejabat AS tersebut. Sementara, langkah Washington terhadap para pejabat China adalah termasuk pembekuan aset, larangan perjalanan ke AS dan melarang orang Amerika melakukan bisnis dengan mereka.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak