Pengadilan Prancis Perintahkan Sebuah Patung Perawan Maria Dihilangkan, Ini Alasannya

Sabtu, 14 Januari 2023 - 04:22 WIB
loading...
Pengadilan Prancis Perintahkan Sebuah Patung Perawan Maria Dihilangkan, Ini Alasannya
Pengadilan Prancis perintahkan sebuah kota kecil untuk menghilngkan patung Perawan Maria yang didirikan di persimpangan jalan. Foto/RTE
A A A
PARIS - Pengadilan Prancis memerintahkan sebuah kota kecil untuk menghilangkan sebuah patung Perawan Maria . Alasannya pajangan keagamaan melanggar pemisahan gereja dan negara.

Patung itu terletak di persimpangan jalan di La Flotte, sebuah kota dengan 2.800 penduduk di pulau liburan populer Ile-de-Re, di lepas pantai Atlantik Prancis.

Patung itu didirikan oleh keluarga setempat setelah Perang Dunia II sebagai rasa terima kasih atas kembalinya ayah dan anak dari konflik dalam kondisi hidup.

Situs itu awalnya adalah taman, namun keluarga yang memilikinya kemudian menyumbangkan situstersebut ke otoritas kota dengan patung Perawan Maria didirikan di persimpangan jalan pada tahun 1983.



Pada tahun 2020, patung itu dirusak oleh mobil yang lewat, dan otoritas setempat memutuskan untuk memulihkan patung tersebut dan mengembalikannya ke tempat yang sama, tetapi kali ini di platform yang ditinggikan.

Langkah itu memicu pengaduan hukum oleh La Libre Pensee 17, sebuah asosiasi yang didedikasikan untuk membela sekularitas, atas dasar bahwa undang-undang Prancis sejak tahun 1905 melarang monumen keagamaan di ruang publik.

Pengadilan di Poitiers mengikuti argumen seperti yang dilakukan, pada banding, pengadilan regional di Bordeaux, memerintahkan otoritas kota La Flotte untuk memindahkan patung itu.

Wali kota setempat Jean-Paul Heraudeau menyebut diskusi seputar patung itu "konyol" karena, katanya, itu adalah bagian dari "warisan sejarah" kota dan harus dianggap "lebih sebagai tugu peringatan daripada patung religius".

Tetapi sementara pengadilan menerima bahwa pihak berwenang tidak bermaksud untuk mengungkapkan preferensi agama apa pun, pengadilan juga mengatakan bahwa "Perawan Maria adalah tokoh penting dalam agama Kristen", yang memberinya "karakter religius yang inheren".

Menurut doktrin Katolikpada Kitab Perjanjian Baru, Allah memilih Maria untuk melahirkan Yesus sementara dia tetap perawan.

Agama Katolik, dan beberapa agama lainnya, memuliakan Maria sebagai tokoh sentral dalam iman mereka, dan dia telah menjadi subjek karya seni yang tak terhitung jumlahnya selama berabad-abad.

Otoritas kota La Flotte, seperti dikutip AFP, Sabtu (14/1/2023), memiliki waktu enam bulan untuk memindahkan patung itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)