Eks Jenderal AS: Perang Ukraina Bisa Diakhiri, tapi Rusia Bakal Gunakan Senjata Nuklir

Kamis, 12 Januari 2023 - 15:09 WIB
loading...
Eks Jenderal AS: Perang Ukraina Bisa Diakhiri, tapi Rusia Bakal Gunakan Senjata Nuklir
Perang Ukraina bisa diakhiri tahun ini, tapi konsekuensinya Rusia akan menggunakan senjata nuklir jika kalah dalam perang. Foto/Twitter @DnKornev
A A A
WASHINGTON - Seorang pensiunan jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) mengatakan perang antara Rusia dan Ukraina dapat berakhir tahun ini. Namun dia memperingatkan bahwa Moskow akan menggunakan senjata nuklir jika kalah dalam perang.

Brigadir Jenderal (Purn) Kevin Ryan mengatakan kepada Insider bahwa dia percaya Rusia akan menggunakan senjata nuklir sebelum membiarkan militernya dikalahkan di lapangan.

Presiden Rusia Vlaidmir Putin telah berulang kali mengisyaratkan akan menggunakan senjata nuklir sejak dia memerintahkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022—yang oleh Kremlin disebut sebagai "operasi militer khusus".

Namun Ryan mengatakan bahwa Kremlin mungkin secara serius mempertimbangkan untuk menggunakan senjata pemusnah massal itu jika Ukraina hampir menghancurkan tentara Rusia di lapangan atau jika pasukan Ukraina merebut kembali wilayah Crimea dari kendali Moskow.



"Jika militer Ukraina sukses besar di musim semi, dan memotong militer Rusia dan mengancam merebut kembali Crimea, maka saya pikir militer dan kepemimpinan Rusia akan menggunakan senjata nuklir, untuk tidak hanya menghancurkan target militer Ukraina tetapi untuk meyakinkan Ukraina bahwa melanjutkan perang ini akan meninggalkan Ukraina sebagai bencana nuklir," kata Ryan.

Dia menambahkan bahwa "pilihannya luas" tentang bagaimana Rusia dapat menggunakan senjata nuklir.

"Tingkat kematian bisa mendekati Hiroshima, atau bisa jauh lebih rendah jika mereka hanya berniat menembak seperti tembakan peringatan senjata nuklir di daerah yang berpenduduk sedikit," kata Ryan.

Hasil ini, kata Ryan yang menjabat sebagai atase pertahanan Rusia untuk AS, akan menjadi "menghancurkan" dengan potensi kematian puluhan ribu jiwa—tetapi itu bukan skenario yang paling mungkin.

Skenario yang paling mungkin terjadi tahun ini, menurut Ryan, adalah bahwa perang akan berakhir dengan jalan buntu setelah pertempuran tanpa henti dan kerugian besar di kedua pihak.

Ketua Gabungan Kepala-Kepala Staf Militer AS, Jenderal Mark Milley, mengatakan pada bulan November bahwa sekitar 40.000 warga sipil Ukraina telah terbunuh dan lebih dari 100.000 tentara Rusia telah terbunuh dan terluka dalam perang sejauh ini dengan hal yang sama mungkin di pihak Ukraina.

"Pertempuran ini pada intensitas ini dan tingkat kematian, kemungkinan besar tidak akan bisa berlangsung 12 bulan lagi," kata Ryan kepada Insider, yang dilansir (12/1/2023).

"Saya pikir satu tahun lagi akan menjadi perkiraan yang baik kapan perang ini akan berakhir atau menemui jalan buntu," ujarnya, ketika dia mencatat bahwa dia telah salah sebelumnya tentang prediksinya tentang perang tersebut.



Namun tidak ada keraguan bahwa 2023 akan menjadi "tahun penting" untuk perang, kata Ryan, seorang peneliti senior di Belfer Center for Science and International Affairs Harvard.

"Kedua belah pihak perlu menimbulkan lebih banyak kerusakan dan kerusakan pada militer di sisi lain agar hal ini dapat tercapai," katanya.

"Kedua belah pihak masih terlalu kuat untuk setuju untuk mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan perang ini. Kedua pasukan memiliki kesempatan untuk mengambil lebih banyak wilayah, jadi kita harus menunggu pertempuran berikutnya terungkap."

Menurutnya, meskipun pasukan Putin memiliki kinerja yang buruk dalam 10 bulan pertama perang dan gagal merebut Ibu Kota Ukraina, Kiev, tentara Rusia semakin kuat dan menggali untuk menciptakan pertahanan yang lebih baik di wilayah yang didudukinya.

"Militer Ukraina, dibantu oleh AS dan Barat melalui senjata dan peralatan bernilai miliaran dolar, juga semakin kuat dengan cara yang sama, tetapi mungkin tidak cukup kuat untuk menendang Rusia," kata Ryan.

"Ini adalah hal besar yang akan menjadi lebih jelas bagi kami di musim semi dan musim panas saat pertempuran besar berlanjut," katanya.

"Jika pasukan Ukraina dapat memaksa Rusia keluar dari posisi bertahan mereka, maka kita mungkin bergerak menuju situasi di mana militer Rusia dapat dihancurkan atau senjata nuklir dapat digunakan," imbuh Ryan, yang mengajukan pertanyaan, "Apakah itu lebih berbahaya memiliki senjata nuklir taktis yang digunakan di Ukraina? Atau apakah lebih berbahaya jika militer Rusia dikalahkan di lapangan dan dihancurkan?"

Rusia menderita kekalahan brutal pada akhir Perang Dunia I. "Dan itu membantu menghidupkan rezim komunis di Rusia," kata Ryan, menambahkan, "Rusia dihancurkan—militernya dihancurkan—akan sangat melemahkan negara dan menyebabkan pemberontakan internal.”

"Itu bisa menyebabkan kekuatan tak terkendali dilepaskan di Rusia," katanya.

"Jika Ukraina tidak dapat mengusir Rusia, maka kita akan menemui jalan buntu," kata Ryan, menjelaskan seperti berakhirnya Perang Korea. "Bisa saja terjadi bahwa Rusia dan Ukraina menyetujui gencatan senjata, yang tidak tidak memerlukan banyak negosiasi."

Tahun lalu, Ukraina meluncurkan serangan balasan yang menakjubkan yang memaksa pasukan Rusia menyerahkan sebagian besar wilayahnya, tetapi saat musim dingin tiba, laju kemajuan melambat.

"Bagaimana perang ini berlangsung tidak akan ditentukan di meja perundingan untuk sementara waktu dan tidak akan ditentukan di udara oleh rudal dan bom," kata Ryan. "Tapi itu akan ditentukan oleh pertempuran di lapangan."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)