Profil El Chapo, Bos Narkoba Terbesar Meksiko yang Kerap Kabur dari Penjara

Rabu, 11 Januari 2023 - 20:24 WIB
loading...
Profil El Chapo, Bos Narkoba Terbesar Meksiko yang Kerap Kabur dari Penjara
Joaquin El Chapo Guzman pemimpin kartel Sinaloa, geng narkoba terbesar di Meksiko, yang kerap kabur dari penjara. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Joaquin “El Chapo” Guzman adalah pemimpin kartel Sinaloa, geng narkoba terbesar di Meksiko. Dia sekarang menjalani hukuman penjara seumur hidup di Amerika Serikat (AS).

Sebelum diekstradisi dan dipenjara di AS, El Chapo kerap kabur dengan berbagai cara dari penjara Meksiko.

El Chapo merupakan julukan dari Joaquin Guzman yang berarti “Si Pendek” dalam bahasa Spanyol.

Joaquin Guzman lahir pada 1957 dari keluarga petani. Dia dibesarkan di Badiraguato, daerah miskin dan terpencil di Sinaloa, wilayah barat laut Meksiko.



Dilansir dari Britannica, El Chapo memulai karier kriminalnya pada tahun 1980-an, sebagai anggota gembong narkoba Guadalajara yang dipimpin oleh Miguel Ángel Félix Gallardo.

Setelah bisnis tersebut dibubarkan pada akhir 1980 an, El Chapo membentuk dan memimpin kartel di Sinaloa. Berbekal pengalaman sebelumny, El Chapo sukses mengembangkan teknik penyelundupan narkoba dengan caranya sendiri.

Cara itu termasuk membangun terowongan ber-AC di bawah tanah yang menghubungkan Meksiko dengan Amerika Serikat.

Kartel Sinaloa telah banyak menyelundupkan berbagai macam obat-obatan terlarang, termasuk marijuana, heroin, kokain, dan methamphetamine.

Pada tahun 1993, El Chapo ditangkap untuk pertama kalinya di Guatemala dan diekstradisi ke Meksiko. Dia akhirnya dijatuhi hukuman lebih dari 20 tahun dan dipenjara dengan keamanan maksimum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)