Bendera Negara yang Gunakan Lambang Bulan dan Bintang

Senin, 09 Januari 2023 - 16:17 WIB
loading...
A A A
Bendera Negara yang Gunakan Lambang Bulan dan Bintang


Bintang dan bulan merupakan lambang agama Islam yang merupakan agama mayoritas Turki. Desain bendera ini diadopsi dari bendera Kekaisaran Ottoman dan menjadi bendera negara Turki pada 1936.

Bentuk dasar bendera nasional Turki bermula ketika pada 1793, saat pemerintahan Sultan Selim III, mengubah bendera hijau yang digunakan angkatan laut menjadi warna merah. Kemudian, bulan sabit putih dan bintang sudut lima ditambahkan pada bendera tersebut.

5. Uzbekistan

Uzbekistan memiliki bendera negara yang terdiri dari bidang horizontal berwarna biru, putih dan hijau. Masing-masing warna mencerminkan air dan langit, kemurnian, serta perdamaian.

Bendera Negara yang Gunakan Lambang Bulan dan Bintang


Ketiga bidang tersebut dipisahkan oleh garis tipis berwarna merah. Pada bagian kiri atas, tepatnya di bidang berwarna biru, terdapat bulan sabit serta dua belas bintang berukuran kecil yang diposisikan dalam tiga baris.

Masing-masing baris terdiri dari 3, 4, dan 5 bintang. Bulan sabit, selain merupakan simbol Islam, juga melambangkan kelahiran kembali bangsa Uzbekistan sebagai negara merdeka.

Sementara, 12 bintang adalah perwujudan dari 12 bulan dalam kalender Islam.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)