Zelensky Beri Sanksi 100 Tokoh Rusia, Termasuk Jurnalis dan Selebriti

Minggu, 08 Januari 2023 - 14:07 WIB
loading...
Zelensky Beri Sanksi 100 Tokoh Rusia, Termasuk Jurnalis dan Selebriti
Presiden Ukraina Volodymr Zelensky jatuhkan sanksi kepada 100 tokoh Rusia. Foto/i24News
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy menandatangani dekrit yang menjatuhkan sanksi pribadi pada sekitar 119 tokoh Rusia . Daftar hitam terbaru Kiev ini juga mencakup artis dan jurnalis terkemuka.

Ukraina memberikan sanksi kepada sutradara film pemenang Oscar Nikita Mikhalkov dan penyanyi pop Philipp Kirkorov, serta stand-up comedian Evgeny Petrosyan dan bintang opera Anna Netrebko.

Kiev juga menargetkan sejumlah jurnalis Rusia, termasuk Pemimpin Redaksi Russia Today Margarita Simonyan dan kepala grup media Rossiya Segodnya Dmitry Kiselyov.



Dilansir dari Russia Today, Minggu (8/1/2023), sanksi berupa pembatasan diberlakukan selama 10 tahun termasuk pembekuan aset, larangan perjalanan dan visa, pencabutan penghargaan negara Ukraina, serta beberapa tindakan lainnya.

Kiev telah berulang kali memberikan sanksi kepada pejabat dan tokoh Rusia di tengah konflik yang sedang berlangsung, dengan ratusan dari mereka sudah masuk daftar hitam.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari 2022, mengutip kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberikan status khusus pada Donetsk dan Lugansk di dalam negara Ukraina. Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada tahun 2014.



Mantan presiden Ukraina Pyotr Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.

Sesaat sebelum permusuhan pecah, Kremlin mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka dan menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer Barat mana pun.

September lalu, Donetsk dan Lugansk, serta Wilayah Kherson dan Zaporozhia, digabungkan ke dalam Rusia setelah referendum.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)