Ukraina Tembaki Donetsk pada Menit Pertama Gencatan Senjata Natal Putin

Sabtu, 07 Januari 2023 - 01:30 WIB
loading...
Ukraina Tembaki Donetsk pada Menit Pertama Gencatan Senjata Natal Putin
Bangunan di Donetsk rusak akibat penembakan Ukraina pada 4 Januari 2023. Foto/RIA Novosti
A A A
DONETSK - Pasukan Ukraina mengabaikan gencatan senjata Natal kurang dari satu menit setelah gencatan senjata diberlakukan dengan menembaki daerah perumahan di kota Donetsk, menurut pejabat setempat.

Gencatan senjata itu diumumkan Presiden Rusia Vladimir Putin yang seharusnya berlangsung dari tengah hari pada 6 Januari hingga tengah malam pada 7 Januari.

Dalam posting Telegram pada Jumat, Pusat Gabungan untuk Kontrol dan Koordinasi (JCCC), kelompok pemantau yang melacak serangan di wilayah Donbass Rusia, mengatakan pasukan Kiev telah menembakkan enam peluru 155 mm yang menargetkan Distrik Petrovsky di bagian barat kota. Tidak ada korban yang dilaporkan.

“Ukraina melakukan serangan kurang dari satu menit setelah gencatan senjata diberlakukan,” ungkap pernyataan JCCC.



JCCC menambahkan setengah jam kemudian, serangan lain dilakukan di area yang sama dengan empat putaran artileri 155 mm.

Pada Jumat, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan meskipun pasukan Moskow mematuhi gencatan senjata, "Rezim Kiev terus melakukan serangan artileri ke permukiman dan posisi pasukan Rusia."

Kemhan menambahkan pasukan Rusia telah menekan beberapa posisi artileri Ukraina yang terlibat dalam penembakan di sepanjang garis depan.



Gencatan senjata itu diperintahkan presiden Rusia pada Kamis menjelang Natal Ortodoks setelah permohonan dari Patriark Kirill, pemimpin Gereja Ortodoks Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)