Pandemi Corona Mengganas, Bos WHO: Dunia Seharusnya Mendengarkan Kami

Selasa, 28 April 2020 - 15:36 WIB
loading...
Pandemi Corona Mengganas, Bos WHO: Dunia Seharusnya Mendengarkan Kami
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto/Newsweek
A A A
JENEWA - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta seluruh negara untuk mempertimbangkan rekomendasi badan kesehatan masyarakat ketika menyusun tanggapan mereka terhadap pandemi virus Corona. Tedros mengatakan negara-negara yang manajemen wabahnya telah mendekati pedoman WHO sebelumnya saat ini dalam posisi yang lebih baik daripada yang lain.

Tedros menyebut bahwa beberapa wabah bisa menjadi kurang ekstrim jika para pemimpin mengadopsi langkah-langkah pencegahan lebih awal untuk mengelola penyebaran virus. Ia mencatat ketika WHO mengumumkan darurat kesehatan internasional pada 30 Januari, hanya 82 kasus diidentifikasi di 18 negara di luar China, tanpa kematian yang dilaporkan.

"Dunia seharusnya mendengarkan WHO saat itu, dengan hati-hati," katanya, menunjukkan bahwa negara-negara dapat menerapkan protokol untuk mengatasi pandemi pada saat deklarasi darurat kesehatan diumumkan.

"Setiap negara bisa memicu semua tindakan kesehatan masyarakat yang mungkin dilakukan," tambah Ghebreyesus.

"Saya pikir itu sudah cukup pentingnya mendengarkan saran WHO," cetusnya seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (28/4/2020).

Tedros juga menekankan bahwa rekomendasi WHO dikeluarkan berdasarkan sains dan bukti terbaik, meskipun apakah suatu negara bertindak berdasarkan saran yang diberikan terserah kepada mereka.

"Kami tidak memiliki mandat untuk memaksa negara menerapkan apa yang kami sarankan kepada mereka," ujarnya. "Setiap negara mengambil tanggung jawabnya sendiri," ia menambahkan.

Ketika pengumuman WHO dirilis, organisasi tersebut membagikan kesimpulannya tentang bagaimana China menangani awal wabah dan memberikan arahan bagi negara-negara lain untuk melindungi populasi mereka.

"Komite percaya bahwa masih mungkin untuk menghentikan penyebaran virus, asalkan negara-negara memberlakukan langkah-langkah kuat untuk mendeteksi penyakit sejak dini, mengisolasi dan mengobati kasus, melacak kontak, dan mempromosikan langkah-langkah jarak sosial yang sepadan dengan risiko," tulis WHO dalam Pernyataan yang dirilis pada 30 Januari lalu, referensi pedoman dari penasihat milik Komite Darurat lembaga itu.

"Diharapkan bahwa ekspor internasional kasus lebih lanjut dapat muncul di negara mana pun," lanjut pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)