Kelompok Bajak Laut Paling Berbahaya di Dunia

Jum'at, 06 Januari 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Selain kelompok bajak laut, terdapat pula sosok bajak laut yang disegani karena kejahatannya, di antaranya: William Kidd Salah bajak laut yang disegani dan cenderung berbahaya adalah Kapten William Kidd, pelaut asal Skotlandia yang lahir pada tahun 1645. Pria yang lebih dikenal dengan sebutan Kapten Kidd ini sangat melegenda dalam kesusastraan Inggris sebagai penjahat terhebat sepanjang masa.



Melansir Britannica, Kidd diyakini sudah mulai menjelajah laut sejak berusia muda. Kala itu, ia melawan perompak asal Prancis di lepas pantai Amerika Utara. Tahun 1690-an, Kidd memiliki kapal besar di New York. Kapal itu terbilang lengkap dengan berbagai properti dan fasilitasnya.

Kidd pernah membantu kerajaan untuk menangkap perompak di Samudera Hindia, pada tahun 1695. Sekitar tahun 1697, Kidd menyerang dan mengambil beberapa kapal kecil yang sedang menuju Yaman. Ia juga mengambul hadiah yang ada di kapal Quedagh Merchant asal Armenia. Ketika tiba di Anguilla pada tahun 1699, Kidd baru mengetahui bhawa dirinya dikecam sebagai perompak. Kidd dihukum mati dengan cara digantung pada tahun 1701 atas 5 tuduhan pembajakan dan pembunuhan 1 awak kapal.

Lalu ada pula Sir Francis Drake. Nama Francis Drake juga dikenal sebagai seorang perompak berbahaya yang pernah ada. Ia lahir di Inggris, tahun 1540 dan meninggal di Karibia tahun 1596. Drake mendapat gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan dianggap sebagai pelaut paling terkenal di zaman Elizabethan.

Namun, dirinya adalah sosok yang paling diburu oleh Kerajaan Spanyol. Hal itu terjadi sebab Drake menjelajahi dunia dan sering mengalahkan armada laut Spanyol. Ia tercatat pernah terlibat dalam pembajakan dan perdagangan budak di Karibia.

Drake pernah diberi kesempatan untuk menjadi Wali Kota Plymouth, Inggris. Salah satu tugasnya adalah mengatur pasokan air untuk melayani kota. Setelahnya, ia menjelajah wilayah lain, termasuk Portugal. Namun, Drake menemui kegagalan sekaligus ajalnya. Drake meninggal dunia karena demam tinggi dan memaksanya untuk menyerah.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)