Profil Itamar Ben-Gvir, Menteri Keamanan Nasional dan Tokoh Sayap Kanan Israel

Kamis, 05 Januari 2023 - 18:07 WIB
loading...
Profil Itamar Ben-Gvir, Menteri Keamanan Nasional dan Tokoh Sayap Kanan Israel
Itamar Ben-Gvir memicu kontroversi setelah melakukan kunjungan ke Masjid al-Aqsa pada Selasa lalu. Foto/Sky News
A A A
JAKARTA - Itamar Ben-Gvir baru baru ini tengah menjadi sorotan karena sikap kunjungan kontroversialnya keMasjid al-Aqsa yang mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Sosok yang kini menjabat sebagai Menteri Keamanan Nasional Israel ini telah bangkit setelah sukses berkoalisi dan mengantarkan Netanyahu menjadi pemimpin Israel yang baru.

Dari ketiga fraksi yang berkoalisi dengan Netanyahu, fraksi Otzma Yehudit yang dipimpin Ben-Gvir adalah yang paling mencuri perhatian.

Hal ini karena beberapa keputusan dan tindakannya yang kerap menimbulkan kontroversi. Menurut BBC, Itamar Ben-Gvir merupakan politisi sayap kanan yang dikenal karena sikap rasisme dan anti Arab.

Itamar Ben-Gvir yang kini berusia 46 tahun merupakan keturunan imigran Yahudi asal Irak. Sebelum terjun sebagai pemimpin parlemen dia dikenal sebagai aktivis ekstrimis sayap kanan.

Ben-Gvir juga pernah menjadi seorang pengacara yang membela ekstrimis Yahudi yang melakukan serangan terhadap orang orang Arab.

Seperti pada tahun 2006, dimana dia sempat mewakili dua remaja yang diduga berpartisipasi dalam serangan di Tepi Barat yang menewaskan sepasang suami-istri dan bayi mereka.

Sikap ekstrimisnya ini telah terlihat sejak remaja, ketika dia mulai dekat dengan Partai Kach yang kala itu merupakan organisasi politik yang dilarang mengikuti pemilu sejak 1988, serta pernah dilabeli sebagai organisasi teroris asing oleh AS.

Dalam organisasi tersebut, dia sempat ikut serta dalam pembantaian 29 jemaah Palestina di Masjid Ibrahimi.

Karena reputasi buruknya itu, Ben-Gvir bahkan sempat dikecualikan dari program wajib militer yang biasa diikuti oleh kaum muda Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)