Jet Tempur Siluman F-35 Israel dan 6 F-15 AS Latihan Gabungan, Gertak Iran?

Kamis, 05 Januari 2023 - 15:52 WIB
loading...
Jet Tempur Siluman F-35 Israel dan 6 F-15 AS Latihan Gabungan, Gertak Iran?
Jet tempur siluman F-35 Israel latihan gabungan dengan jet tempur F-15 AS, diduga sebagai taktik untuk menggertak Iran. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Beberapa jet tempur siluman F-35 Israel dan enam jet tempur F-15 dari Komando Pusat Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) terlibat latihan gabungan di pangkalan Angkatan Udara Nevatim di Israel selatan.

The Jerusalem Post melaporkan bahwa manuver gabungan tersebut, yang dimulai sejak Rabu (4/1/2023) hingga beberapa hari ke depan, kemungkinan sebagai gertakan terhadap Iran ketika kebuntuan terkait perundingan nuklir Teheran sedang berlangsung.

Dalam sebuah wawancara dengan The Jerusalem Post, komandan Skuadron F-35 ke-140 Letnan Kolonel "M" dan Kapten "I" yang menjalankan latihan dari pihak Israel, keduanya tidak terlalu spesifik tentang kemampuan F-35 dalam menargetkan negara tertentu. Namun, mereka memperjelas bahwa mereka siap dan mampu menyerang di mana saja yang diperintahkan oleh komando tinggi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk pergi.



Selanjutnya, tujuan dari penerbangan gabungan dan simulasi serangan adalah untuk berlatih mencapai target di wilayah musuh yang “dalam”, seringkali merupakan eufemisme untuk Iran dan negara lain yang tidak memiliki perbatasan langsung dengan Israel.

Pada upacara kelulusan personel Angkatan Udara baru-baru ini, menteri pertahanan saat itu Benny Gantz mengatakan bahwa para lulusan harus siap untuk berpotensi menyerang Iran dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Menurut laporan Jerusalem Post, ada enam pesawat F-35 Israel yang lepas landas, namun IDF tidak mengungkapkan jumlah lengkap pesawat yang terlibat dalam manuver gabungan. Sedangkan dari AS, empat dari enam pesawat F-15 lepas landas bersama dengan pola penerbangan awal mereka.

Sebuah pesawat Gulfstream G-500/G-550 juga dilibatkan untuk berlatih mengumpulkan intelijen.

Pada pertengahan Desember, kepala staf IDF Aviv Kohavi mengatakan bahwa jet tempur Angkatan Udara Israel yang menyerang Suriah dalam beberapa tahun terakhir terkadang menghadapi 30-40 rudal permukaan-ke-udara, atau bahkan dalam satu contoh, hingga 70 rudal semacam itu, tanpa kehilangan satu pesawat pun.

Tanpa membahas operasi tertentu, Kolonel M menekankan kekuatan kemampuan siluman F-35 dan bahwa dia secara pribadi menghadapi bahaya di berbagai misi selama kariernya.

Baik Letnan Kolonel M maupun Kapten I tidak dapat membahas dampak penghapusan sistem anti-pesawat S-300 Rusia dari Suriah untuk digunakan melawan Ukraina, tetapi mereka mengatakan bahwa Angkatan Udara Israel berlatih terus-menerus untuk setiap skenario yang mungkin dihadapi jet tempurnya.

Letnan Kolonel M tidak ingin memberikan kerangka waktu mengenai kapan 11 pesawat F-35 Israel, yang dikandangkan pada 25 Desember dari penerbangan pelatihan untuk mengatasi potensi kerusakan yang ditemukan pada jet Amerika yang serupa, akan dikembalikan ke layanan penuh.

Kesannya adalah peninjauan potensi malfungsi bisa rumit dan memakan waktu. Tetapi Letnan Kolonel M menjelaskan bahwa sisa F-35 yang tersedia, di mana Israel memiliki tiga skuadron, cukup banyak, bersama dengan pesawat tempur Israel lainnya untuk menyelesaikan misi apa pun yang perlu ditugaskan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)