Serangan Bom Mobil Kembar Tewaskan 9 Orang di Somalia

Rabu, 04 Januari 2023 - 20:54 WIB
loading...
Serangan Bom Mobil Kembar Tewaskan 9 Orang di Somalia
Serangan bom mobil kembar tewaskan 9 orang di Somalia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOGADISHU - Setidaknya sembilan orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan bom mobil bunuh diri kembar di sebuah kota di Somalia tengah pada Rabu (4/1/2023).

"Para teroris menyerang kota Mahas pagi ini menggunakan kendaraan yang sarat dengan bahan peledak," kata pejabat keamanan setempat Abdullahi Adan kepada AFP melalui telepon.

"Mereka menargetkan daerah sipil dan kami telah memastikan bahwa sembilan orang, semuanya warga sipil, tewas dalam dua ledakan itu," imbuhnya seperti dikutip dari New Arab.

Kelompok al-Shabaab dituding jadi pelaku serangan yang terjadi di wilayah Hiran Somalia tengah itu, di mana serangan besar diluncurkan tahun lalu terhadap kelompok terkait al-Qaeda itu.

"Para teroris, setelah dikalahkan, mati-matian menargetkan warga sipil, tetapi ini tidak akan menghentikan keinginan rakyat untuk terus mengalahkan mereka," kata Osman Nur, seorang komandan polisi di Mahas.

"Mereka telah membunuh warga sipil tak berdosa dalam ledakan itu," tambahnya.



Saksi mata mengatakan ledakan terjadi di dekat sebuah restoran tidak jauh dari gedung administrasi distrik di Mahas.

"Saya melihat mayat sembilan warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak, ini adalah serangan yang mengerikan," kata seorang saksi, Adan Hassan.

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud telah menyatakan "perang habis-habisan" terhadap kelompok al-Shabaab, yang telah melancarkan pemberontakan berdarah melawan pemerintah federal yang rapuh yang didukung secara internasional selama 15 tahun.

Pada bulan Juli, milisi klan lokal yang dikenal sebagai "Macawisley" melancarkan pemberontakan melawan al-Shabaab di beberapa bagian Somalia tengah, dan Mohamud mengirim pasukan pada bulan September untuk mendukung perlawanan.

Dalam beberapa bulan terakhir, tentara dan milisi telah merebut kembali sebagian wilayah di negara bagian Galmudug dan Hirshabelle - di mana Hiran berada - dalam operasi yang didukung oleh serangan udara AS dan pasukan Uni Afrika yang dikenal sebagai ATMIS.



Tetapi pemberontak sering membalas dengan serangan berdarah, menggarisbawahi kemampuan mereka untuk menyerang jantung kota Somalia dan instalasi militer meskipun ofensif.

Meskipun dipaksa keluar dari pusat-pusat perkotaan utama negara itu sekitar 10 tahun yang lalu, al-Shabaab tetap mengakar di petak-petak luas pedesaan tengah dan selatan Somalia.

Pada 29 Oktober, 121 orang di Ibu Kota Mogadishu tewas dalam dua ledakan bom mobil di Kementerian Pendidikan, dalam serangan paling mematikan di negara Tanduk Afrika yang bermasalah itu dalam lima tahun.

Delapan warga sipil tewas pada 27 November dalam pengepungan 21 jam di sebuah hotel di Mogadishu yang populer di kalangan politisi dan pejabat pemerintah.

Tiga pemboman pada bulan Oktober di kota Beledweyne, Ibu Kota Hiran, menewaskan 30 orang termasuk pejabat setempat.

Dan sedikitnya 21 orang tewas dalam pengepungan sebuah hotel di Mogadishu pada Agustus yang berlangsung selama 30 jam sebelum pasukan keamanan mampu mengalahkan militan di dalamnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)