Wanita Ini Ungkap Pedihnya 13 Tahun Dipenjara di Iran, Seperti Neraka Dunia

Rabu, 04 Januari 2023 - 14:10 WIB
loading...
Wanita Ini Ungkap Pedihnya 13 Tahun Dipenjara di Iran, Seperti Neraka Dunia
Wanita Ini Ungkap Pedihnya 13 Tahun Dipenjara di Iran, Seperti Neraka Dunia. FOTO/Arab News
A A A
TEHERAN - Seorang wanita yang dipenjara di Iran sejak 2009 telah membagikan surat dari dalam penjaranya yang "seperti neraka", demikian dilaporkan Independent, Senin (2/1/2023).

Maryam Akbari Monfared, 47, yang merupakan ibu dari tiga anak perempuan, ditahan lebih dari 13 tahun lalu dengan tuduhan mendukung Organisasi Rakyat Mujahidin Iran. Dia telah dipisahkan dari anak-anaknya sejak penangkapannya, dan tiga saudara laki-laki dan perempuannya dibunuh oleh rezim tersebut.



“Pada 29 Desember 2022, 13 tahun telah berlalu sejak saya dipisahkan dari Sarah yang berusia empat tahun dan dua putri saya yang berusia 12 tahun pada tengah malam musim dingin itu,” tulis Monfared dalam suratnya.

“Tanpa memberi saya kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang saya cintai, mereka membawa saya ke penjara Evin untuk memberikan beberapa penjelasan, dan membuat janji konyol bahwa 'Anda akan kembali ke anak-anak Anda di pagi hari,” lanjutnya.

“Ini bukan cerita setebal 4.000 halaman, tetapi realitas murni dari kehidupan di bawah dominasi fasis yang memaksakannya pada kami sementara kami menolak untuk menyerah. Di sisi jeruji ini, di gurun gelap penyiksaan dan penindasan, sejauh yang bisa dilihat – bahkan di tempat yang tidak bisa dilihat – hanya ada keburukan dan kebrutalan,” tambahnya.



Amnesty International dan Pusat Hak Asasi Manusia di Iran telah berulang kali menyerukan pembebasan Monfared, menggambarkannya sebagai "tahanan hati nurani" yang ditahan dalam kondisi "kejam, melanggar hukum dan tidak manusiawi" dan menghadapi tuduhan "tidak berdasar".

Dalam suratnya, Monfared juga berbagi pesan solidaritas dengan pengunjuk rasa yang saat ini berdemonstrasi menentang rezim di Iran setelah kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun di tangan "polisi moralitas" rezim.

“Kepada anak perempuan dan laki-laki saya, yang dengan gagah berani di jalanan, saya katakan: jika Anda ditangkap, jangan percaya kepada para interogator sedikit pun,” tulisnya.



“Kepada keluarga yang berduka, saya mengatakan bahwa saya ikut merasakan duka mereka juga. Saya memegang tangan mereka dari sini dan berdiri bahu membahu dengan mereka, lebih kuat dari sebelumnya, untuk keadilan.

“Dengan berita dari setiap protes dan setiap pemberontakan, dan dengan percikan api pemberontakan ini, hati para wanita yang satu-satunya harapan untuk kebebasan adalah dengan mendobrak gerbang besi ini dipenuhi dengan harapan,” tambahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)