Zelensky: Rusia Ingin Habisi Ukraina dengan Serangan Drone Berkepanjangan

Selasa, 03 Januari 2023 - 20:39 WIB
loading...
Zelensky: Rusia Ingin Habisi Ukraina dengan Serangan Drone Berkepanjangan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berdiri di samping bangkai drone kamikaze yang digunakan Rusia pada bulan Oktober 2022. Foto/BBC
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelenksy mengatakan Rusia sedang merencanakan kampanye serangan drone yang berkepanjang dalam upaya untuk melemahkan semangat Ukraina .

Zelensky mengaku telah menerima laporan intelijen yang menunjukkan bahwa Moskow akan melancarkan serangan menggunakan drone Shahed buatan Iran.

Berbicara dari Kiev dalam pidatonya di setiap malam, Zelensky mengatakan Rusia berencana untuk "menghabisi" Ukraina dengan gelombang serangan drone yang berkepanjangan.



"Kita harus memastikan - dan kita akan melakukan segalanya untuk ini - bahwa tujuan teroris ini gagal seperti yang lainnya," katanya.

"Sekarang saatnya semua orang yang terlibat dalam perlindungan langit harus sangat perhatian," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Selasa (3/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Zelensky mengatakan pertahanan udara Ukraina telah menembak jatuh lebih dari 80 drone buatan Iran pada awal tahun 2023.



Serangan pesawat tak berawak Rusia di Ukraina tampaknya telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, dengan Moskow melancarkan serangan ke kota-kota dan pembangkit listrik di seluruh Ukraina selama tiga malam terakhir.

Para koresponden mengatakan bahwa selain ketegangan pada militer Ukraina - yang harus melacak dan mencegat drone - ada juga dampak gesekan pada penduduk sipil yang hidup dengan ketidakpastian, ketakutan, dan gangguan yang disebabkan oleh serangan di seluruh negeri.

Rusia telah menargetkan infrastruktur energi Ukraina selama beberapa bulan, menghancurkan pembangkit listrik dan menjerumuskan jutaan orang ke dalam kegelapan selama musim dingin yang membekukan di negara itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)