Kim Jong-un Pecat Pemimpin Militer Terkuat Kedua di Korea Utara

Selasa, 03 Januari 2023 - 11:04 WIB
loading...
Kim Jong-un Pecat Pemimpin Militer Terkuat Kedua di Korea Utara
Pemimpin Korut Kim Jong-un (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi Militer Pusat Partai Pekerja Pak Jong-chon (kiri) di podium kepemimpinan selama parade militer Hari Pendirian Partai di Pyongyang pada 10 Oktober 2020. Foto/KCNA
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memecat komandan militer kedua negara itu, Pak Jong-chon.

Pak, yang menjabat sebagai wakil ketua Komisi Militer Pusat Partai Pekerja yang berkuasa dan sekretaris Komite Pusat partai, digantikan oleh Ri Yong-gil.

“Keputusan itu dibuat pada pertemuan tahunan komite pekan lalu,” ungkap laporan kantor berita negara KCNA pada Minggu (1/1/2023).

Pak terlihat duduk di barisan paling depan saat rapat dengan kepala tertunduk. Tempat duduknya diperlihatkan lagi kemudian tampak kosong.



Komisi Militer Pusat yang dipimpin Kim, dianggap lebih kuat daripada Kementerian Pertahanan negara dalam hal pengambilan keputusan militer.

Tidak ada alasan yang disebutkan untuk perombakan tersebut, tetapi pemerintah Korea Utara secara teratur merombak posisi kepemimpinan.

Oh Gyeong-sup, rekan di Institut Korea untuk Unifikasi Nasional di Seoul, mengatakan kepada Reuters bahwa Pak mungkin bertanggung jawab atas "kegagalan operasi keamanan" menyusul insiden di mana drone Korea Utara menyusup ke wilayah udara Korea Selatan.



Ketika Seoul mengirim tiga pesawat tak berawak (UAV) kembali melintasi perbatasan Korut, tampaknya tidak ada tanggapan dari Pyongyang yang menunjukkan pertahanannya mungkin gagal mendeteksi drone itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)