Bukan Dua, Korea Selatan Sebut Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik

Sabtu, 31 Desember 2022 - 10:34 WIB
loading...
Bukan Dua, Korea Selatan Sebut Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik
Korea Selatan sebut Korea Utara tembakkan 3 rudal balistik pada Sabtu (31/12/2022) pagi. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik ke arah perairan timur negara tertutup itu pada Sabtu (31/12/2022) pagi. Hal itu diungkapkan militer Korea Selatan .

Ini adalah peluncuran rudal pertama oleh Korea Utara dalam delapan hari, dan terjadi lima hari setelah Korea Selatan menuduh Pyongyang menerbangkan lima drone ke wilayah udaranya untuk pertama kalinya sejak 2017.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mendeteksi tiga rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari Korea Utara ke Laut Timur sekitar pukul 8 pagi waktu setempat pada hari Sabtu seperti dikutip dari CBS News.



Korea Utara telah menguji coba lebih dari 70 rudal balistik dan jelajah pada tahun ini. Beberapa ahli mengatakan Korea Utara berusaha memodernisasi persenjataannya dan meningkatkan pengaruhnya dalam urusan masa depan dengan Amerika Serikat.

Pesawat tempur dan helikopter Korea Selatan sebelumnya gagal menjatuhkan salah satu drone Korea Utara yang terlihat di selatan perbatasan sebelum mereka terbang pulang atau menghilang dari radar Korea Selatan. Salah satu dari drone itu bahkan melakukan perjalanan hingga ke wilayah utara Seoul.

Hal itu menyebabkan kegelisahan di antara banyak orang di Selatan atas keamanan negara itu, di mana pihak militer akhirnya menyampaikan permintaan maaf publik yang jarang terjadi pada hari Selasa.



Peluncuran tersebut dilakukan saat Korea Utara berada di bawah pertemuan partai besar yang berkuasa di Pyongyang untuk meninjau kembali kebijakan masa lalu dan tujuan kebijakan baru untuk tahun 2023.

Beberapa pengamat mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan menegaskan kembali sumpahnya untuk memperluas persenjataan nuklirnya dan memperkenalkan senjata canggih atas nama menghadapi apa yang disebutnya permusuhan AS.

Ada kekhawatiran bahwa Korea Utara akan melakukan uji coba nuklir pertamanya dalam lima tahun. Pada akhir Oktober, pejabat AS dan Korea Selatan mengatakan kepada CBS News bahwa Pyongyang sedang bersiap untuk menguji senjata atom segera, yang akan menjadi uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)