Ini 5 Negara dengan Wilayah Gurun Terluas di Dunia

Sabtu, 31 Desember 2022 - 00:30 WIB
loading...
Ini 5 Negara dengan Wilayah Gurun Terluas di Dunia
Ini 5 Negara dengan Wilayah Gurun Terluas di Dunia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Gurun banyak ditemukan di sejumlah wilayah di berbagai benua, seperti di utara Afrika , utara Amerika, Australia, dan Asia . Sebagai salah satu ekosistem di bumi, gurun memiliki kekhasannya yakni memiliki tanah yang luas dan sangat kering.

Curah hujan di wilayah ini sangat rendah. Lingkungannya pun tergolong ekstrem, panas di siang hari namun di malam hari suhu dapat turun secara drastis. Sejumlah negara memiliki wilayah gurun yang luas. Berikut negara dengan gurun terluas di dunia.



1. Mesir
Mesir memiliki area gurun sangat luas. Lebih dari 90% wilayah Mesir merupakan gurun pasir. Pada 2020, wilayah Mesir yang berpenghuni sekitar 6,8% dari total luas negara. Sisanya adalah gurun.

Mesir memiliki banyak gurun, yang utama adalah Gurun Timur, Gurun Sinai, dan Gurun Barat yang merupakan bagian dari Gurun Sahara. Selain itu, ada pula Gurun Biru dan Gurun Pasir Besar.

2. China
China merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki wilayah berupa gurun yang luas. Setidaknya, 27,4% dari total luas daratan China saat ini merupakan gurun. Beberapa gurun yang ada di China sangat terkenal.

Gurun yang terkenal itu antara lain, Gurun Gobi, Gurun Badain Jaran, Gurun Hami, Gurun Kumtag, dan Gurun Taklamakan. Gurun Gobi yang membentang di bagian utara China bahkan luasnya sekitar 1,3 juta kilometer, berada di sebagian besar wilayah China serta Mongolia.

3. Arab Saudi
Wilayah Arab Saudi sebagian besarnya merupakan gurun. Di Semenanjung Arab terdapat Gurun Arabia yang luasnya 2,5 juta kilometer persegi. Gurun ini menjadi bagian dari beberapa negara, seperti Irak, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, Arab Saudi, dan Yordania.

Namun, wilayah terluas Gurun Arabia berada di negara Arab Saudi. Arab Saudi juga memiliki Gurun Ad-Dahna, Gurun An-Nafud, Gurun Rub Al-Khali (Empty Quarter), dan lain-lain.



4. Australia
Gurun di daratan negara Australia diklasifikasikan gersang, dengan suhu berkisar di atas 10°C hingga melebihi 35°C di bulan-bulan musim panas. Australia memiliki 10 gurun utama, yang total luasnya mencapai 1.371.000 kilometer persegi atau 18% dari daratan.

Lima gurun dengan area yang luas di Australia adalah Gurun Great Victoria, Gurun Great Sandy, Gurun Tanami, Gurun Simpson, dan Gurun Gibson. Gurun terbesar, Great Victoria, luasnya 348.750 kilometer persegi atau 4,5% dari luas daratan Australia.

5. Turkmenistan
Di Turkmenistan terdapat Gurun Karakum, yang merupakan salah satu gurun terbesar di Asia Tengah. Gurun tersebut meliputi sekitar 70% wilayah Turkmenistan, dengan luas 350.000 kilometer persegi. Selain Gurun Karakum, terdapat gurun lain yang lebih kecil di Turkmenistan, yaitu Aral Karakum, di dekat Laut Aral.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)