4 Fakta Konflik Etnis di Myanmar, Rohingya Selalu Jadi Korban

Rabu, 28 Desember 2022 - 17:26 WIB
loading...
A A A
3. Tujuan Pengungsi Rohingya
Bangladesh menjadi tujuan terbesar para pengungsi Rohingya. Menurut UNHCR, pada pertengahan 2022 lalu terdapat sekitar 980.000 orang yang mengungsi dan mencari suaka.

Dari angka tersebut, 919.000 di antaranya mendirikan kamp di Katupalong dan Nayapara, wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh. Selain itu, cukup banyak juga pengungsi lain yang menuju negara seperti Thailand, India, hingga Indonesia sekalipun.

4. Kondisi Terkini Rohingya
Pada akhir Juli 2021 lalu, terjadi sebuah peristiwa “Deadly Monsoon Rain” yang menimpa Cox’s Bazar dan menewaskan 6 pengungsi Rohingya. Selain itu, kejadian tersebut juga merusak 3.800 kamp penampungan, sehingga memaksa para pengungsinya untuk pindah.

Terbaru, sekitar 57 orang pengungsi Rohingya berlabuh di Pesisir Desa Ladong, Aceh Besar beberapa waktu yang lalu. Dalam hal ini, sebelumnya mereka disebut terkatung-katung di laut menggunakan kapal nelayan.

Pasca mendapat izin dari pemerintah, para pengungsi ini akhirnya mendarat. Pengungsi Rohingya ini semuanya berjenis kelamin laki-laki dan masih berusia muda sebagian besarnya. Hal ini adalah satu contoh dari sekian banyak kejadian tak mengenakan yang menimpa etnis Rohingya.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)