Putin Bersumpah Hancurkan Sistem Rudal Canggih Patriot AS di Ukraina

Senin, 26 Desember 2022 - 06:48 WIB
loading...
Putin Bersumpah Hancurkan Sistem Rudal Canggih Patriot AS di Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah akan menghancurkan sistem rudal canggih Patriot AS jika benar-benar dikirim ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin bersumpah bahwa Rusia akan menghancurkan sistem pertahanan rudal canggih Patriot jika Amerika Serikat (AS) benar-benar memasoknya ke Ukraina .

Janji Putin itu disampaikan dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada Hari Natal di saluran televisi Rossiya-1 yang dikendalikan negara.

Sistem Patriot diklaim Amerika sebagai sistem canggih yang secara efektif dapat menghancurkan target yang masuk ke wilayah negara yang dilindunginya.



Selama wawancara dengan jurnalis Pavel Zarubin, Putin mengatakan dia yakin Ukraina belum memiliki kompleks sistem pertahanan seperti itu dan menyatakan bahwa Rusia akan menghancurkan sistem tersebut.

"Tentu saja, kami akan mengklik, 100 persen," kata Putin, yang dilansir kantor berita TASS, Senin (26/12/2022).

Sistem pertahanan rudal Patriot adalah bagian penting dari paket dukungan bantuan keamanan senilai USD1,85 miliar untuk Ukraina yang diumumkan Departemen Pertahanan AS pada hari Rabu.

Menurut Reuters, Patriot—yang merupakan akronim dari Phased Array Tracking Radar for Intercept on Target—dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan tercanggih di gudang senjata AS.

Sistem ini menggunakan radar yang kuat dan memiliki jangkauan sekitar 93 mil serta dapat mencegat rudal yang masuk.

Sistem Patriot dapat menargetkan rudal balistik, pesawat terbang, dan drone yang dikirim Rusia untuk menghancurkan atau merusak infrastruktur Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)