Rusia Ungkap AS Pindahkan Penelitian Senjata Biologis Keluar dari Ukraina

Minggu, 25 Desember 2022 - 01:01 WIB
loading...
Rusia Ungkap AS Pindahkan Penelitian Senjata Biologis Keluar dari Ukraina
Para siswa memakai masker gas sebelum memasuki gedung di mana mereka akan terkena gas air mata sebagai bagian dari pelatihan kimia, biologi dan radiologi di Bucheon, Korea Selatan. Foto/REUTERS/Lee Jae Won
A A A
MOSKOW - Kepala Pasukan Pertahanan Biologi dan Kimia Nuklir Rusia Igor Kirillov mengklaim Amerika Serikat (AS) telah memindahkan penelitian senjata biologisnya dari Ukraina.

Ini terjadi setelah keberadaan laboratorium penelitian terungkap di era Presiden Donald Trump.

“Pentagon secara aktif bekerja mentransfer proyek penelitiannya yang belum selesai ke negara-negara di Asia Tengah dan Eropa Timur,” ujar Igor Kirillov saat pengarahan pada Sabtu (24/12/2022).

Dia menjelaskan, “AS juga telah meningkatkan kerja sama dengan Kamboja, Singapura, Thailand, Kenya, dan negara-negara lain di Indo-Pasifik dan Afrika, dengan Departemen Pertahanan AS paling tertarik pada negara-negara yang telah memiliki laboratorium dengan biocontainment tingkat tinggi.”



Menurut dia, data tentang laboratorium ilegal yang didukung AS di Ukraina dipresentasikan pada konferensi Organisasi Pelarangan Senjata Kimia yang berlangsung di Jenewa antara 28 November dan 16 Desember.

“Itu termasuk bukti dokumenter bahwa bekerja dengan komponen senjata biologis dan studi patogen dari infeksi yang sangat berbahaya dan signifikan secara ekonomi telah dilakukan di wilayah Ukraina dengan dukungan keuangan, ilmiah, teknis, dan personel AS," papar dia.

Menurut dia, makalah yang diperoleh Rusia selama operasi militernya di Ukraina mengungkapkan "program militer-biologis" dijalankan melalui Institut Penelitian Anti-Wabah Mechnikov di Kiev, Institut Kedokteran Hewan di Kharkov dan Institut Penelitian Epidemiologi dan Kebersihan yang berbasis di Lviv.

“File tersebut juga menyebutkan tiga kontraktor Pentagon dan tujuh pejabat tinggi Departemen Pertahanan AS,” ungkap dia.

“Teks lengkap laporan Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan AS (DTRA) tentang pekerjaannya di Ukraina, yang dilihat militer Rusia, berisi data, mengkonfirmasi pelaksanaan latihan dan kegiatan pelatihan dengan patogen infeksi yang sangat berbahaya di Ukraina,” papar Kirilov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)