Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan

Kamis, 22 Desember 2022 - 22:11 WIB
loading...
Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan
Bendera Merah Putih yang menjadi kebanggaan Indonesia ternyata mempunyai kemiripan dengan Monako. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki benderanya masing-masing. Bendera merupakan salah satu identitas negara yang paling mudah dikenali. Biasanya, pada penyelenggaraan pertandingan olahraga internasional, masyarakat dapat melihat bendera berbagai negara, terutama di saat penyerahan medali. Namun, bendera beberapa negara ternyata punya kemiripan. Berikut 5 pasangan negara yang punya bendera sangat mirip.

1. Indonesia dan Monako

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Indonesia dan Monako memiliki kemiripan pada bendera nasionalnya, bahkan hampir identik. Kedua negara ini sama-sama mempunyai bendera berwarna merah dan putih, dengan letak yang sama dan horizontal. Bagian berwarna merah berada di atas, sementara bagian putih di sebelah bawah. Akan tetapi, ada dua hal yang membedakan bendera Indonesia dan bendera Monako, yaitu pada spot warna merah dan ukuran bendera.

Dalam penerapan digital, spot warna merah pada bendera Indonesia memiliki kode Hex #FF0000, sementara warna merah pada bendera Monako mempunyai kode Hex #CE1126. Untuk ukuran, bendera Indonesia berbentuk empat persegi panjang dengan rasio 3:2, sedangkan bendera Monako rasionya 4:5.

2. Chad dan Rumania

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Bendera negara Chad dan Rumania sangat mirip, baik dari desain maupun ukurannya. Keduanya memiliki tiga warna yang disusun vertikal, yakni warna biru, kuning, dan merah. Sedangkan dalam hal ukuran, bendera kedua negara sama-sama persegi panjang dengan rasio 2:3.

Namun, meski sekilas warnanya terlihat sama, terdapat perbedaan pada kode warna yang digunakan masing-masing bendera. Kode warna hex bendera Chad untuk warna biru, kuning, merah secara berurutan adalah Hex #002664, Hex #FECB00, dan Hex #C60C30. Sementara bendera Rumania, kodenya Hex #002B7F, Hex #FCD116, dan Hex #CE1126.

3. Belanda dan Luksemburg

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Warna merah, putih, dan biru digunakan oleh negara Belanda dan Luksemburg pada bendera nasionalnya. Ketiga warna tersebut ditempatkan secara horizontal. Belanda sudah menggunakan tiga warna tersebut sejak abad 17. Secara resmi, bendera triwarna Belanda digambarkan sebagai vermilion cerah, putih (perak), dan biru (biru kobalt). Dalam kode warna hex, masing-masing warna memiliki kode Hex #A91F32, #FFFFFF, dan #1E4785. Ukuran bendera Belanda adalah 2:3.

Sama dengan Belanda, bendera Luksemburg juga terdiri dari tiga garis horizontal berwarna merah, putih dan biru. Namun, Luksemburg menggunakan warna biru muda. Bendera ini digunakan pertama kali antara tahun 1845-1848, namun baru diresmikan pada tahun 1993. Ukuran bendera Luksemburg 1:2 atau bisa juga 3:5.

4. Norwegia dan Islandia

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Norwegia dan Islandia mendapatkan inspirasi dari bendera Denmark untuk bendera nasionalnya. Karena itu, bendera Norwegia dan bendera Islandia sangat mirip. Hal ini tercermin pada motif maupun warna yang digunakan. Sebagaimana bendera negara-negara Nordik, Norwegia dan Islandia juga memiliki motif salib horizontal yang merupakan motif salib Skandinavia atau salib Nordik.

Bendera kedua negara juga sama-sama memiliki warna merah, putih, dan biru. Hanya saja, terdapat perbedaan dalam hal warna latar bendera. Pada bendera Norwegia, salibnya berwarna biru dengan bingkai warna putih, di bidang berlatar warna merah. Sementara, latar bendera Islandia berwarna biru dengan salib berwarna merah dibingkai warna putih.

5. Irlandia dan Pantai Gading

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Irlandia dan Pantai Gading menggunakan tiga warna yang sama pada bendera negaranya. Ketiga warna tersebut, yakni hijau, putih, dan oranye, ditempatkan secara vertikal. Bila dilihat sekilas, bendera kedua negara ini memang mirip. Namun, urutan penempatan warna pada bendera Irlandia dan Pantai Gading ternyata berbeda. Pada bendera Irlandia, warnanya dimulai dari hijau, putih, kemudian oranye. Sedangkan bendera Pantai Gading, warnanya secara berurutan adalah oranye, putih, lalu hijau.

Dalam hal ukuran, bendera dua negara ini juga berbeda. Bendera Pantai Gading, yang diadopsi secara resmi pada 1959, memiliki rasio 2:3. Sementara bendera Irlandia, yang diadopsi sebagai bendera negara pada 1922, berukuran 1:2.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)