Wanita Ini Dikukuhkan Jadi Dubes AS untuk Rusia Buat Lawan Putin

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:44 WIB
loading...
Wanita Ini Dikukuhkan Jadi Dubes AS untuk Rusia Buat Lawan Putin
Senat AS kukuhkan Lynne M. Tracy sebagai duta besar yang baru untuk Rusia. Foto/cleveland.com
A A A
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) memberikan suara sangat banyak untuk mengonfirmasi duta besar yang baru untuk Rusia di tengah ketegangan kedua negara terkait konflik di Ukraina .

Beberapa jam sebelum Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba di Washington untuk kunjungan bersejarah, para senator memberikan suara 93-2 untuk mengonfirmasi diplomat veteran Lynne M. Tracy sebagai duta besar baru untuk Rusia.

Beberapa pihak melihat terpilihnya Tracy sebagai sinyal komitmen AS untuk Ukraina yang dilanda perang karena menghadapi invasi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer membuka sesi majelis dengan mengatakan bahwa pengesahan paket bantuan militer baru senilai USD45 miliar atau sekitar Rp702 triliun untuk Ukraina pada hari Rabu dan mengkonfirmasi duta besar AS yang baru untuk Rusia akan mengirimkan sinyal kuat bahwa orang Amerika "tegas" berdiri dengan rakyat Ukraina.



"Tracy akan ditugaskan untuk melawan Putin," kata Schumer seperti dilansir dari AP, Kamis (22/12/2022).

Tracy adalah seorang pejabat karir dari Dinas Luar Negeri yang sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk Armenia. Ia akan mengawasi kedutaan besar di Moskow yang telah dihancurkan dalam hal kepegawaian karena hubungan AS-Rusia anjlok karena perang di Ukraina.

Kondisi itu mengikuti beberapa perselisihan diplomatik yang sudah berlangsung lama dan tidak terkait mengenai personel dan fasilitas serta diperparah oleh ketidaksepakatan tentang kontrol senjata.

Tracy, yang bisa bahasa Rusia, sebelumnya menjabat sebagai penasihat senior untuk urusan Rusia di Biro Urusan Eropa dan Eurasia Departemen Luar Negeri, sebagai wakil kepala misi di Kedutaan Besar AS di Moskow. Dia juga memegang beberapa jabatan di Asia Tengah dan Selatan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)